comscore

Mulai 8 Juni, Turis Asing Belum Vaksin Boleh ke Korsel Tanpa Karantina

Marcheilla Ariesta - 03 Juni 2022 13:55 WIB
Mulai 8 Juni, Turis Asing Belum Vaksin Boleh ke Korsel Tanpa Karantina
Turis asing belum vaksin covid-19 boleh ke Korsel tanpa karantina mulai 8 Juni./AFP
Seoul: Perdana Menteri Korea Selatan (Korsel) mengatakan, negaranya akan mencabut persyaratan karantina untuk kedatangan asing tanpa vaksinasi covid-19. Kebijakan itu akan mulai berlaku pada 8 Juni mendatang.

Korsel juga mulai mencabut peraturan penerbangan yang diberlakukan untuk internasional.
Meski demikian, pemerintah akan mempertahankan persyaratan hasil tes negatif PCR sebelum penerbangan dan tes PCR dalam waktu 72 jam setelah kedatangan.

"Meskipun ada kewajiban karantina 7 hari untuk kedatangan asing yang tidak divaksinasi sampai sekarang, persyaratan tersebut akan dihapuskan mulai 8 Juni terlepas dari status vaksinasi mereka," ucap Perdana Menteri Han Duck-soo pada pertemuan mengenai tanggapan pandemi, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 3 Juni 2022.

Han mengatakan setiap peraturan penerbangan yang diberlakukan di Bandara Internasional Incheon akan dicabut mulai 8 Juni untuk memastikan bahwa penerbangan dapat beroperasi tepat waktu.

Pembatasan penerbangan dan waktu operasi penerbangan saat ini menyebabkan ketidaknyamanan seperti kurangnya tiket dan kenaikan harga.

Baca juga: Presiden Yoon Resmi Tunjuk Han Duck-soo sebagai PM Korea Selatan

Sementara itu, Korsel sudah menyambut wisatawan asing dengan vaksinasi dua dosis sejak 1 April lalu. Wisatawan yang dianggap memenuhi syarat vaksinasi juga dibebaskan dari karantina saat kedatangan.

Di sisi lain, negara tetangganya, Jepang juga membuka perbatasan untuk turis asing mulai 1 Juni kemarin. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida memutuskan, Juni 2022 menjadi waktu tepat bagi Negeri Sakura untuk mengikuti jejak negara lain.

Dengan dibukanya perbatasan asing Jepang, Kishida berharap pariwisata akan membantu mengangkat perekonomian di Jepang pasca pandemi covid-19.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id