comscore

Pesawat China Eastern Airlines Jatuh dengan Menukik Tajam

Fajar Nugraha - 22 Maret 2022 10:04 WIB
Pesawat China Eastern Airlines Jatuh dengan Menukik Tajam
Lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di Guangxi, Tiongkok. Foto: AFP
Beijing: Pesawat China Eastern Airlines yang jatuh pada Senin 21 Maret 2022 dipastikan menewaskan seluruh 132 orang yang berada di dalamnya. Diketahui bahwa pesawat menukik tajam dan jatuh menghantam bumi.

Kecelakaan ini dianggap sebagai insiden kecelakaan penerbangan terburuk di Tiongkok dalam lebih dari satu dekade.
“Meskipun ada beberapa kecelakaan di mana sebuah pesawat jatuh dari ketinggian jelajah, hanya sedikit yang sesuai dengan profil ekstrem Boeing 737-800 karena mengarah tajam ke tanah,” menurut penyelidik kecelakaan veteran dan  laporan kecelakaan sebelumnya, seperti dikutip Bloomberg, Selasa 22 Maret 2022

Baca: Pesawat China Eastern Berpenumpang 133 Orang Jatuh di Guangxi.

“Ini profil yang aneh. Sulit membuat pesawat melakukan ini,” kata John Cox, konsultan keselamatan penerbangan dan mantan pilot 737.

Saat penyelidik mencari dua perekam antikecelakaan pesawat dan mulai meneliti petunjuk, mereka akan mencoba menentukan mengapa jet menukik mendadak dan parah. Ini tentunya yang membedakannya dari kecelakaan sebelumnya.

Para penyelidik juga akan melihat cuaca yang ditemui pesawat, apakah pilot membuat panggilan darurat, petunjuk di reruntuhan kemungkinan malfungsi dan profil rinci kru.

Penerbangan MU5735 berada di ketinggian sekitar 29.000 kaki 160,93 kilometer dari tujuannya -,titik di mana pilot akan mulai turun ke darat,- ketika mulai terjun dengan kecepatan yang jauh lebih besar dari biasanya.

Menurut data pelacakan yang dicatat oleh Flightradar24, alih-alih secara bertahap turun beberapa ribu kaki per menit -,yang menghasilkan sensasi yang hampir tidak dapat dideteksi bagi penumpang,- pesawat mulai jatuh lebih dari 30.000 kaki per menit dalam hitungan detik.

Secara keseluruhan, burung besi itu jatuh hampir 26.000 kaki dalam rentang waktu sekitar 1 menit 35 detik, berdasarkan data track.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id