comscore

Pertama di Asia, Korea Selatan Izinkan Penggunaan Pil Pfizer Paxlovid

Willy Haryono - 27 Desember 2021 18:49 WIB
Pertama di Asia, Korea Selatan Izinkan Penggunaan Pil Pfizer Paxlovid
Logo Pfizer terlihat di salah satu pabriknya di Belgia. (JONAS ROOSENS / BELGA / AFP)
Seoul: Korea Selatan mengizinkan penggunaan darurat pil Covid-19 buatan perusahaan Pfizer pada Senin ini, 27 Desember 2021. Kabar disampaikan langsung dalam pengumuman resmi Kementerian Makanan dan Keamanan Obat Korsel.

Lewat pengumuman tersebut, Korsel menjadi negara pertama di Asia yang menyetujui penggunaan pil Pfizer bernama Paxlovid.
Pekan kemarin, Korsel memberlakukan kembali aturan menjaga jarak fisik setelah sempat dilonggarkan bulan lalu. Pemberlakuan ulang dilakukan setelah Korsel mencatat lonjakan kasus harian Covid-19, meski tingkat vaksinasi orang dewasa di negara tersebut relatif tinggi di kisaran 92 persen.

"Obat oral Pfizer, Paxlovid, diharapkan dapat mencegah gejala-gejala serius pasien (Covid-19) yang diraawt di fasilitas medis atau di rumah masing-masing," ucap Menteri Keamanan Obat Korsel, Kim Gang-lip, dilansir dari The Straits Times.

Ia mengatakan pemberian izin kepada Paxlovid merupakan upaya Korsel dalam mendiversifikasi metode penanganan pasien Covid-19.

Nantinya, otoritas kesehatan Korsel akan memberikan Paxlovid kepada orang dewasa atau anak-anak berusia 12 tahun ke atas dengan bobot di atas 40 kilogram yang memperlihatkan gejala Covid-19 ringan hingga sedang. Pemberian Paxlovid juga akan diprioritaskan kepada mereka yang berisiko mengalami gejala berat atau memiliki komorbid.

Baca:  Pil Pfizer Diklaim Hampir 90 Persen Cegah Rawat Inap dan Kematian Covid-19

Pil Covid-19 lainnya bernama molnupiravir telah mendapat izin penggunaan darurat di Korsel bulan ini. Namun, Korsel masih melakukan kajian untuk mendapatkan informasi tambahan seputar efikasinya.

Hingga Senin dini hari tadi, Korsel mencatat 4.207 kasus baru Covid-19 dalam periode 24 jam terakhir, menjadikan totalnya sejak awal pandemi mencapai 611.670. Angka kasus harian tersebut menurun tajam dari 5.419 pada Sabtu kemarin.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id