Kisruh Laut China Selatan, RI Imbau Semua Negara Tahan Diri

    Marcheilla Ariesta - 09 Juli 2020 18:16 WIB
    Kisruh Laut China Selatan, RI Imbau Semua Negara Tahan Diri
    Menlu Retno Marsudi desak negara besar menahan diri dari kisruh Laut China Selatan. Foto: Sekretariat Presiden
    Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta semua negara untuk dapat menahan diri dari konflik di Laut China Selatan. Dua negara berkekuatan besar, Amerika Serikat dan Tiongkok, malah menunjukkan kekuatan mereka di perairan jalur sutra tersebut.

    "Indonesia meminta semua negara untuk menahan diri dari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut," kata Retno dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.

    "Indonesia menggarisbawahi pentingnya semua negara untuk berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," imbuhnya.

    Retno menambahkan, di tengah pandemi virus korona (covid-19) ini, seharusnya yang dipentingkan adalah upaya kolektif global untuk memerangi virus.

    Selain itu, Retno menegaskan jika Indonesia tetap konsisten dalam menyerukan semua negara untuk menghormati hukum internasional, khususnya UNCLOS 1982.

    Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan. Sementara AS berpatroli sembari menegaskan bahwa Laut China Selatan merupakan area bebas navigasi.

    Retno kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak akan mengakui klaim Tiongkok terhadap Laut China Selatan. Dia bilang, klaim Tiongkok tidak sesuai dengan hukum internasional yang berlaku.

    Menurut Retno, keputusan Indonesia menolak klaim Tiongkok sudah sesuai dan menghormati hukum internasional, khususnya UNCLOS 1980.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id