Pria Australia Dijatuhi Denda usai Menyelamatkan Ikan Paus

    Willy Haryono - 19 Mei 2020 18:03 WIB
    Pria Australia Dijatuhi Denda usai Menyelamatkan Ikan Paus
    Salah satu ikan paus jenis whale shark. (Foto: AFP)
    Canberra: Seorang pria Australia yang seorang diri menolong seekor ikan paus di lepas pantai Gold Coast dijatuhi denda oleh otoritas setempat. Pria yang ingin disebut sebagai "Django" itu dianggap telah melakukan perbuatan ilegal di perairan negara.

    Ikan paus yang terperangkap jaring terlihat di lepas pantai Gold Coast pada hari ini, Selasa 19 Mei 2020. Karena menanti bantuan yang tak kunjung datang selama berjam-jam, seorang pria mencoba menyelamatkan hewan tersebut.

    Saat kembali ke pantai, pria itu malah dijatuhi denda. Belum diketahui pasti apa pasal yang dituduhkan, namun negara bagian Queensland memiliki aturan mengenai perusakan properti serta berenang terlalu dekat dengan ikan paus.

    "Intinya saya hanya ingin melepaskan jaring dari tubuhnya," kata pria tersebut kepada kantor berita ABC. Ia sempat membawa pisau dalam upaya penyelamatan, namun jaring tersebut berhasil dilepas tanpa bantuan alat apapun.

    Media lokal melaporkan adanya sekelompok orang yang menonton penyelamatan tersebut. Salah satu warga setempat, Andre Borrell, mengatakan kepada surat kabar Gold Coast Bulletin bahwa ia dan orang-orang sekitar menanti datangnya petugas selama berjam-jam.

    "Beruntung, ada seorang warga baik yang justru melakukan pekerjaan petugas," tutur Borrell.

    Penggunaan jaring hiu di pantai Australia merupakan hal kontroversial karena dampaknya terhadap kehidupan hewan lainnya.

    Tahun lalu, terdapat sedikitnya lima ikan paus yang terperangkap jaring hiu. Sejumlah orang kemudian menyerukan agar otoritas Queensland menggunakan metode lain dalam menghalau hiu dari wilayah pesisir.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id