comscore

Korut Klaim Berhasil Kendalikan Wabah Covid-19

Marcheilla Ariesta - 24 Mei 2022 09:19 WIB
Korut Klaim Berhasil Kendalikan Wabah Covid-19
Korea Utara mengatakan sedang memperluas produksi pasokan obat-obatan esensial (Foto: medcom.id)
Pyongyang: Korea Utara (Korut) menyatakan, saat ini tren penurunan infeksi covid-19 di negara mereka 'stabil'. Negara itu melaporkan kurang dari 200 ribu pasien baru dengan gejala demam untuk hari ketiga berturut-turut.

Infeksi pertama yang dideklarasikan pada 12 Mei memicu kekhawatiran akan kurangnya vaksin, infrastruktur medis yang tidak memadai, dan potensi krisis pangan di negara komunis itu.
Setidaknya 134.510 orang baru menunjukkan gejala demam pada kemarin malam, menjadikan jumlah total kasus menjadi 2,95 juta sejak akhir April. Kantor berita negara, KCNA melaporkan, korban tewas mencapai 68 orang.

Dalam laporan KCNA, Korut berhasil dalam perang melawan wabah covid-19.

"Dalam beberapa hari setelah sistem pencegahan epidemi darurat maksimum diaktifkan, tingkat morbiditas dan mortalitas secara nasional telah menurun secara drastis dan jumlah orang yang pulih meningkat," lapor media tersebut dikutip oleh AFP, Selasa, 24 Mei 2022.

"Sehingga secara efektif mengekang dan mengendalikan penyebaran penyakit pandemi dan mempertahankan situasi yang stabil ini," lanjut mereka.

Baca: Kim Jong-un Makamkan Mentor di Tengah Krisis Covid-19

Korea Utara mengatakan sedang memperluas produksi pasokan obat-obatan esensial, meskipun tidak merinci secara pasti jenis apa yang diproduksi.

Rupanya karena kekurangan pasokan pengujian, Korea Utara belum mengkonfirmasi jumlah total orang yang dites positif terkena virus korona.

Sebaliknya, otoritas kesehatan melaporkan jumlah tersebut dengan gejala demam, sehingga sulit untuk menilai skala gelombang Covid.

Pyongyang mengatakan, pihak berwenang tengah mendistribusikan makanan dan obat-obatan di seluruh negeri dengan bantuan petugas medis militer.

Amerika Serikat dan Korea Selatan mengusulkan untuk membantu Korea Utara memerangi pandemi, termasuk dengan vaksin, tetapi Pyongyang belum menanggapi tawaran itu.

(WAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id