comscore

Beijing Berpacu dengan Waktu untuk Atasi Klaster Baru Covid-19

Marcheilla Ariesta - 15 Juni 2022 15:10 WIB
Beijing Berpacu dengan Waktu untuk Atasi Klaster Baru Covid-19
Warga mengantre tes Covid-19 di Beijing, Tiongkok, 15 Juni 2022. (Noel Celis / AFP)
Beijing: Otoritas kota Beijing memperingatkan bahwa lonjakan kasus Covid-19 terkait klaster bar 24 jam merupakan hal yang harus terus diperhatikan secara seksama. Beijing, ibu kota Tiongkok, kini harus 'berpacu dengan waktu' dalam mengatasi masalah paling seriusnya sejak awal pandemi di akhir 2019 dan awal 2020.

Wabah Covid-19 terbaru di Beijing saat ini terkait dengan Heaven Supermarket Bar, sebuah bar yang baru saja dibuka kembali pekan lalu.
Dalam upaya mengantisipasi ledakan kasus, otoritas Beijing telah memulai tes massal Covid-19 sejak Senin kemarin yang dijadwalkan berlangsung hingga Rabu ini. Tes massal ini dibarengi dengan kebijakan penguncian atau lockdown.

Sebanyak 287 kasus baru terkait bar tersebut telah menimbulkan kekhawatiran mengenai perekonomian terbesar kedua di dunia itu. Negeri Tirai Bambu baru saja pulih dari lockdown di Shanghai yang sempat berdampak pada rantai pasokan global.

"Kita harus berusaha sekuat tenaga, berpacu dengan waktu," kata juru bicara pemerintah kota Beijing, He Lijian, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 15 Juni 2022.

Tiongkok belum lama ini terbebas dari lockdown di kota Shanghai yang berlaku selama dua bulan. Lockdown tersebut sempat berpengaruh terhadap rantai pasokan global.
 
Layanan makan di tempat untuk restoran di Beijing telah dibuka kembali pada 6 Juni, setelah lebih dari sebulan terkena berbagai pembatasan Covid-19.
 
Namun karena kemunculan wabah terbaru, banyak mal, pusat kebugaran, dan tempat-tempat lainnya di Beijing ditutup. Sebagian sistem transportasi umum kota juga ditangguhkan, dan jutaan warga diminta bekerja dari rumah.

Chaoyang, distrik terbesar di kota tempat bar itu berada, telah memulai tes massal Covid-19 pada Senin kemarin untuk sekitar 3,5 juta penduduk.

Baca:  Beijing Memulai Tes Massal Covid-19 Terkait Klaster Bar 24 Jam

"Orang yang terinfeksi dalam lonjakan kasus terbaru tinggal atau bekerja di 14 dari 16 distrik di ibu kota," kata pihak berwenang.

Sementara itu, Kepolisian Beijing telah meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap orang yang diduga bertanggung jawab atas klaster Heaven Supermarket Bar. Diduga kuat ada semacam pelanggaran yang menyebabkan munculnya klaster tersebut.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id