Adik Perempuan Kim Jong-un Dilaporkan Menghilang

    Fajar Nugraha - 31 Agustus 2020 16:25 WIB
    Adik Perempuan Kim Jong-un Dilaporkan Menghilang
    Kim Yo-jong sempat diperhitungkan sebagai pengganti Kim Jong-un. Foto: AFP
    Pyongyang: Teka-teki mengenai kesehatan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, sempat menimbulkan kabar pergantian kekuasaan. Adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong beberapa kali disebut akan menggantikan Jong-un, namun hingga kini Yo-jong tidak pernah terlihat lagi.

    Dikabarkan, Kim Yo-jong belum terlihat di depan umum sejak 27 Juli. Informasi itu memicu spekulasi bahwa dia sekarang mungkin dilihat sebagai ancaman oleh kakaknya, yang telah mengeksekusi saingannya di masa lalu.

    Baca: Kim Jong-un Koma, Adik Perempuan Siap Menggantikan.

    Spekulasi baru telah meningkat tentang keberadaan saudara perempuan Kim Jong-un itu, hanya beberapa minggu setelah dia dikatakan siap untuk mengambil alih kekuasaan di Korea Utara.

    Sosok Kim Yo-jong memang tengah naik daun. Dirinya sering terlihat tahun ini, bahkan ketika Kim Jong-un sempat menjauh sorotan. Hilangnya Kim Jong-un mendorong klaim bahwa kesehatannya menurun.

    Pemimpin Korea Utara beberapa kali berfoto bersama para pejabat tinggi dalam beberapa hari terakhir, tetapi saudara perempuannya tidak terlihat.

    Selama ini, Yo-jong dianggap sebagai ‘orang kedua dalam komando’ Kim Jong-un. Namun anggapan yang muncul di media internasional itu telah memicu kekhawatiran bahwa saudara laki-lakinya -,yang terkenal pendendam,- sekarang mungkin melihatnya sebagai ancaman.

    Profesor Nam Sung-wook, dari Korea University, mengatakan kepada The Chosun Ilbo: “Di masa lalu, siapa pun dirampas dari posisinya saat mereka digambarkan sebagai orang nomor dua di Utara.

    "Harus ada pemeriksaan ketat, meskipun Kim Yo-jong adalah anggota keluarga,” sebut Profesor Nam Sung-wok, kepada The Chosun Ilbo, yang dikutip Mirror, Senin, 31 Agustus 2020.

    Profesor Nam mengatakan ada kemungkinan bahwa Kim Yo-jong telah mundur atas kemauannya sendiri. Kim memiliki sedikit waktu untuk masuk dalam persaingan kekuasaan, setelah terkenal mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Song-thaek yang sangat dihormati.

    Jang digambarkan sebagai pemimpin de-facto Korea Utara ketika Kim Jong-Il -,ayah dari Kim Jong-un,- sakit.

    Namun dia menghilang pada 2013, ketika sebuah pernyataan dari pemimpin Korea Utara menggambarkannya sebagai ‘lebih buruk dari seekor anjing’ yang bermaksud untuk ‘merebut kekuasaan tertinggi dengan cara yang paling licik’.

    Laporan yang belum dikonfirmasi mengklaim bahwa keluarga Jang bernasib sama setelah Jong-un memutuskan untuk menekan saingannya.

    Baca: Pesona Kim Yo-jong yang Terus Mencuat untuk Gantikan Kim Jong-un.

    Sung-Yoon Lee, seorang profesor di Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University mengatakan jelas bahwa saudara perempuan Kim sedang dipersiapkan untuk kekuasaan.

    "Cara baginya untuk membangun kredibilitas dan kekayaan dan untuk mendapatkan rasa hormat, bukanlah dengan bersikap baik. Tetapi menjadi diktator yang kejam bagi rakyatnya dan menjadi ancaman nuklir yang dapat dipercaya bagi AS," kata Yoon Lee kepada New York Post.

    “Dia mungkin membuktikan dirinya lebih galak dan lebih kejam daripada saudara laki-laki, ayah, atau kakeknya,” pungkas Profesor Sung.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id