Kasus Korona di Australia Melonjak, Kapal Pesiar Jadi Pemicu

    Marcheilla Ariesta - 24 Maret 2020 17:34 WIB
    Kasus Korona di Australia Melonjak, Kapal Pesiar Jadi Pemicu
    Penumpang kapal pesiar jadi pemicu melonjaknya jumlah kasus virus korona. Foto: AFP
    Sydney: Australia melaporkan jumlah lonjakan kasus virus korona covid-19. Hampir seluruh kasus tersebut berasal dari penumpang kapal pesiar Ruby Princess di Sydney.

    Diturunkannya para penumpang itu memicu kecaman luas terhadap langkah yang diambil pemerintah.

    Kapal Ruby Princess dari Carnival Corp menjadi sumber terbesar infeksi virus korona covid-19 di negara itu. Salah satu penumpangnya juga meninggal dunia di Negeri Kanguru.

    Hingga hari ini, Selasa 24 Maret 2020, sebanyak 130 penumpang kapal tersebut dinyatakan positif. Petugas kesehatan dengan panik memburu wisatawan lain untuk melacak pergerakan dan menguji mereka.

    Australia sudah dekat dengan keputusan untuk lockdown. Pihak berwenang memperingatkan hukuman lebih keras bagi mereka yang melanggar perintah isolasi diri.

    Pasalnya, rumah sakit kini mulai merasakan tekanan dengan 1.984 kasus covid-19 di negara tersebut. Gubernur New South Wales Gladys Berejiklian mengatakan saat ini mereka dalam tahap kritis.

    Carnival Corp mengatakan sangat berduka mengetahui penumpang Ruby Princess, nenek berusia 70 tahun meninggal akibat covid-19.

    "Perkembangan menyedihkan ini menggarisbawahi tantangan yang kita semua hadapi sebagai komunitas dalam pertempuran melawan dampak covid-19," kata perusahaan itu dalam sebuah surel, dilansir dari Malay Mail, Selasa, 24 Maret 2020.

    Kapal ini awalnya dinyatakan aman untuk berlabuh, padahal sudah ada beberapa penumpang menunjukkan gejala. Sebanyak 60 persen penumpang kapal adalah warga Australia, dan 20 persennya dari Amerika Serikat.

    Setelah 158 penumpang menyatakan suhu mereka tinggi, para pejabat menolak kapal pesiar MSC Magnifica milik Swiss untuk berlabuh. Padahal kapten kapal menjamin tidak ada penumpang yang menunjukkan tanda-tanda sakit pernapasan dalam kapal tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id