Dua WNI Terinfeksi Korona di Australia, Kondisinya Stabil

    Marcheilla Ariesta - 30 Maret 2020 14:47 WIB
    Dua WNI Terinfeksi Korona di Australia, Kondisinya Stabil
    Seorang warga di jalanan sepi Sydney, Australia yang di saat pemerintah minta warga tetap di rumah. Foto: AFP
    Canberra: Terdapat dua warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi pasien positif virus korona covid-19 di Australia. Keduanya kini dalam kondisi stabil.

    "Terdapat setidaknya dua WNI yang diketahui terjangkit covid-19, satu di daerah Melbourne dan satu lagi di Canberra," ucap juru bicara KBRI Canberra, Billy Wibisono kepada Medcom.id, Senin 30 Maret 2020.

    Billy mengatakan, keduanya dalam proses pemulihan. Perwakilan RI, baik itu KBRI Canberra, maupun KJRI Melbourne terus memantau kondisi mereka. Selain itu, KBRI juga telah mengontak keluarga pasien ini.

    Sementara itu, sebanyak lebih dari 78.000 WNI di Australia terpantau dalam kondisi baik di tengah lockdown yang diberlakukan pemerintah Negeri Kanguru. Lockdown tersebut dilakukan guna menghentikan virus covid-19 menyebar semakin luas.

    Menurut Billy, pemerintah Australia masih memperbolehkan masyarakat membeli bahan kebutuhan pokok atau pun makanan di luar rumah.

    "Di Australia, bahan makanan pokok masih boleh dibeli, supermarket tetap buka. Begitu pula dengan restoran, masih tetap buka namun sistemnya sekarang hanya take away," tuturnya lewat sambungan telepon.

    Dia menambahkan, transportasi umum juga masih berjalan, namun tentu saja ada pembatasan penumpang. "Penumpang tidak boleh duduk bersebelahan. Tapi pemerintah tetap mengimbau agar warga tidak kemana-mana kecuali untuk keperluan mendesak," imbuhnya.

    Meskipun para staf bekerja dari rumah, KBRI Canberra tetap melakukan pelayanan untuk WNI, seperti misalnya perpanjangan paspor. Billy menambahkan kegiatan konsuler juga tetap berjalan.

    Per kemarin, 29 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Australia melaporkan ada 3.809 kasus covid-19 yang terkonfirmasi. Jumlah tersebut bertambah 431 kasus dari hari sebelumnya.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id