Tiongkok-India Sepakat Hentikan Pengerahan Pasukan di Perbatasan

    Marcheilla Ariesta - 23 September 2020 15:55 WIB
    Tiongkok-India Sepakat Hentikan Pengerahan Pasukan di Perbatasan
    Illustration (Photo:Medcom.id/M Rizal)
    Beijing: Tiongkok dan India telah sepakat untuk berhenti mengerahkan lebih banyak pasukan ke perbatasan yang menjadi sengketa. Langkah ini diharapkan dapat menghindari tindakan apapun yang mungkin memperumit situasi di sana.

    Pejabat senior militer kedua negara bertemu pada Senin lalu dan bertukar pikiran mengenai sengketa perbatasan Himalaya yang diperebutkan di Ladakh.

    "Kedua belah pihak setuju untuk menghindari kesalahpahaman dan menahan diri untuk tidak mengubah situasi di lapangan secara sepihak," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Wu Qian, dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 23 September 2020.

    Dalam pertemuan tersebut juga dibahas bahwa tidak ada pihak yang harus mengambil tindakan sepihak di wilayah tersebut.

    Sebelum perjanjian itu, ketegangan antara kedua kekuatan terus berlanjut meskipun beberapa upaya untuk menemukan solusi baik secara diplomatik, militer dan politik, termasuk melalui negosiasi berulang di Moskow bulan ini.

    Pekan lalu, Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh menuduh Tiongkok melanggar perjanjian perbatasan sebelumnya dan memperluas penempatan pasukannya di sepanjang perbatasan.

    Singh menuturkan kepada parlemen bahwa India telah memberitahu Tiongkok melalui saluran diplomatik, bahwa upaya untuk mengubah status quo secara sepihak melanggar perjanjian bilateral.

    Militer kedua negara Asia yang bersenjata nuklir itu berbagi perbatasan tanpa tanda sepanjang 3.500 kilometer melalui Himalaya. 'Perdamaian' yang terjadi sejak kedua negara menandatangani gencatan s

    (WAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id