76 Jemaah Tabligh Indonesia di India Dibebaskan

    Marcheilla Ariesta - 27 Mei 2020 18:35 WIB
    76 Jemaah Tabligh Indonesia di India Dibebaskan
    Sebagian WNI jemaah tabligh di India bebas dari kasus hukum. (Foto: AFP).
    Jakarta: Sebanyak 76 warga negara Indonesia anggota jemaah tabligh di India bebas dari tahanan. Mereka ada yang dibebaskan dan ada juga yang dibebaskan dengan jaminan.

    "Telah ada putusan bebas terhadap 31 orang, serta bebas dengan jaminan bagi 45 orang WNI kita yang merupakan anggota jemaah tabligh," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual, Rabu 27 Mei 2020.

    Meski demikian, kepulangan para WNI anggota jemaah tabligh ini masih belum diketahui. Menurut Judha, para WNI bisa kembali ke Tanah Air bila seluruh proses hukum dan karantina yang ditetapkan Pemerintah India telah dilalui.

    "Tentunya dari Kemenlu dan perwakilan kita di India akan fasilitasi kepulangan WNI jemaah tabligh sebagaimana yang telah kita lakukan di negara lainnya," seru dia.

    Berdasarkan data terakhir Kementerian Luar Negeri, tercatat ada 1.195 WNI jemaah tabligh yang tersebar di 13 negara. Sebanyak 357 diantaranya telah difasilitasi kepulangannya ke Indonesia.

    Rincian WNI jemaah tabligh yang sudah kembali ke Indonesia adalah 136 dari Pakistan, 162 dari Bangladesh, lima dari Yordania, delapan dari Maroko, delapan dari Kuwait, dan enam dari Thailand.

    "Total ada 357 anggota jemaah tabligh yang sudah kita pulangkan dari tujuh negara," pungkasnya.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id