Kasus Lokal Covid-19 Kembali Muncul di Selandia Baru

    Willy Haryono - 24 Januari 2021 14:04 WIB
    Kasus Lokal Covid-19 Kembali Muncul di Selandia Baru
    Aktivitas di bandara Christchurch di Selandia Baru pada 8 April 2020. (AFP/Sanka Vidanagama)


    Wellington: Seorang perempuan berusia 56 tahun dinyatakan positif terjangkit virus korona (covid-19) di Selandia Baru. Ia terinfeksi setelah dirilis dari fasilitas isolasi pemerintah, setelah sebelumnya dua kali dinyatakan negatif covid-19.

    Ini merupakan kasus lokal perdana covid-19 di Selandia Baru sejak 18 November tahun lalu.




    Dikutip dari laman Guardian pada Minggu, 24 Januari 2021, perempuan itu tiba di Auckland pada 30 Desember setelah sempat bepergian ke Spanyol dan Belanda selama empat bulan. Ia dinyatakan dua kali negatif covid-19 saat menjalani isolasi di fasilitas pemerintah Selandia Baru di Hotel Pullman.

    Perempuan yang tak disebutkan namanya itu diizinkan pulang dari Pullman pada 13 Januari lalu. Ia pun pergi ke wilayah selatan Northland bersama suaminya. Keduanya sempat mengunjungi sekitar 30 lokasi, termasuk beberapa situs wisata.

    Dalam sepekan terakhir, perempuan itu mulai merasakan gejala yang sangat ringan, termasuk nyeri otot. Karena sudah pernah dua kali negatif covid-19, ia tidak mencurigai dirinya terjangkit virus tersebut. Namun hasil tes terbaru pada Sabtu kemarin ternyata positif.

    Baca:  Selandia Baru Catat Kematian Pertama Akibat Covid-19 Setelah 3 Bulan

    Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Dr Ashley Bloomfield mengatakan bahwa perempuan dan suaminya itu sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya di Whangarei. Karena gejalanya sangat ringan, perempuan itu tidak membutuhkan perawatan medis.

    Empat kontak dekat perempuan itu sedang dilacak, dan 30 lokasi yang pernah dikunjunginya akan segera diumumkan pemerintah.

    Sekitar 600 orang berada di hotel Pullman saat perempuan itu masih menjalani isolasi. Mereka semua telah dihubungi pemerintah Selandia Baru dapat mengantisipasi kemungkinan tertular dari perempuan tersebut.

    Menteri Respons Covid-19 Selandia Baru, Chris Hipkins, menegaskan bahwa masih terlalu dini untuk menentukan apakah transmisi lokal covid-19 kembali terjadi di tengah masyarakat. Namun ia mengatakan pelacakan kontak sedang dijalankan secara intensif untuk memastikan ada tidaknya transmisi lokal covid-19 di Selandia Baru.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id