comscore

Langgar Prokes, Pejabat Hong Kong Dijebloskan ke Karantina Covid-19 Selama 21 Hari

Marcheilla Ariesta - 07 Januari 2022 16:40 WIB
Langgar Prokes, Pejabat Hong Kong Dijebloskan ke Karantina Covid-19 Selama 21 Hari
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam kecewa pejabatnya hadiri pesta besar./AFP
Hong Kong: Sebanyak empat anggota parlemen Hong Kong dan petinggi imigrasi bergabung dengan pejabat lainnya di kamp karantina pada Jumat, 7 Januari 2022. Ketakutan akan penyebaran covid-19 menjerat elit politik Hong Kong setelah mereka menghadiri pesta ulang tahun besar.

Sebanyak lima orang masuk terbaru masuk dalam fasilitas karantina 21 hari Hong Kong. Mereka bergabung dengan Menteri Dalam Negeri Caspar Tsui yang sudah terlebih dahulu masuk sehari sebelumnya.

 



Caspar dianggap memiliki kontak dekat dengan orang yang potensial membawa virus. Caspar, empat anggota parlemen dan kepala imigrasi Au Ka-wang menghadiri pesta ulang tahun pada Senin lalu di sebuah restoran tapas Spanyol.

"Saya menyampaikan permintaan maaf tulus kepada semua orang di Hong Kong. Saya merenungkan kejadian ini dan akan lebih waspada di masa depan," kata Au dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP.

Ia menambahkan berada di restoran itu untuk waktu yang singkat. "Saya segera pergi setelah memberi selamat kepada teman tanpa makan sambil duduk," lanjutnya.

Baca juga: Dituduh Sebarkan Konspirasi, Polisi Hong Kong Tangkap 6 Pekerja Media

Sementara itu, anggota parlemen yang dikirim ke fasilitas karantina akan melewatkan awal masa jabatan legislatif. "Saya merasa telah bertindak ceroboh dan agak menyesalinya. Saya telah memberikan contoh yang buruk," ucap seorang anggota Parlemen, Duncan Chiu.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam mengatakan sangat kecewa dengan pertemuan besar pejabat tersebut. Pesta itu diadakan untuk merayakan ulang tahun Witman Hung, anggota badan pembuat undang-undang Tiongkok.

Hung juga meminta maaf atas pesta yang dia buat. Ia juga sudah dikirim ke fasilitas karantina.

Pemerintah menaikkan pembatasan covid-19 pekan ini usai menemukan adanya wabah kecil varian Omicron pada awak penerbangan Cathay Pacific.

Pesta juga dihadiri sembilan pejabat senior pemerintah lainnya. Namun, mereka tidak diperintahkan untuk dikarantina karena sudah meninggalkan tempat sebelum terduga pembawa covid-19 tiba.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id