Korsel Perpanjang Social Distancing Selama Pandemi Covid-19

    Willy Haryono - 04 April 2020 14:02 WIB
    Korsel Perpanjang <i>Social Distancing</i> Selama Pandemi Covid-19
    Dua petugas menyemprotkan disinfektan di sebuah kereta bawah tanah di Seoul, Korsel. (Foto: AFP)
    Seoul: Korea Selatan memperpanjang kampanye menjaga jarak sosial atau social distancing di tengah pandemi virus korona (covid-19). Dijadwalkan berakhir pada Senin 6 April, social distancing di Korsel diperpanjang hingga dua pekan ke depan.

    Korsel telah berhasil menekan jumlah kasus covid-19 tetap berada di bawah 100 dari hari ke hari. Namun wabah covid-19 berskala kecil masih terjadi di Korsel, yakni di beberapa gereja, rumah sakit, dan juga panti jompo.

    Pekan ini, Pemerintah Korsel berdiskusi untuk menentukan apakah social distancing akan diperpanjang sejak pertama kali diimplementasikan pada 21 Maret. Di bawah kebijakan ini, semua warga Korsel diimbau untuk tetap berada di dalam rumah kecuali untuk urusan mendesak.

    Warga Korsel yang berada di luar rumah pun diminta untuk tetap menjaga jarak antara 1,5 hingga 2 meter dari orang lain. Sejumlah sekolah, rumah ibadah, gedung olahraga, dan ruang publik lainnya di Korsel ditutup selama kebijakan ini.

    "Terlalu dini untuk merasa lega," kata Menteri Kesehatan Korsel Park Neung-hoo, dilansir dari 9news, Sabtu 4 April.

    "Tujuan kami adalah mengendalikan infeksi (covid-19) sehingga sistem kesehatan kami, termasuk staf medis dan jumlah tempat tidur, dapat menanganinya di level normal," sambung Park.

    Karena masih adanya kasus-kasus baru covid-19 di Korsel, Park mengimbau pemerintah pusat untuk membatalkan dimulainya aktivitas persekolahan pekan depan.

    "Jika kasus (harian covid-19) turun di bawah 50 atau lebih rendah lagi, maka perawatan pasien dimungkinkan terjadi tanpa terlalu membebani sistem kesehatan negara," ungkap Park.

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mencatat 94 kasus baru covid-19 pada Sabtu ini, yang menjadikan totalnya mencapai 10.156. Untuk angka kematian, jumlahnya bertambah 3 menjadi 177.

    Sementara untuk pasien sembuh, Korsel mencatat tambahan lebih dari 300 orang, yang menjadikan totalnya mencapai 6.325.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id