comscore

Korea Utara Isyaratkan Mulai Kembali Uji Coba Nuklir

Fajar Nugraha - 20 Januari 2022 11:28 WIB
Korea Utara Isyaratkan Mulai Kembali Uji Coba Nuklir
Korea Utara isyaratkan akan kembali uji coba nuklir dan rudal balistik. Foto: AFP
Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengisyaratkan pada Kamis 20 Januari 2022 bahwa pihaknya dapat melanjutkan uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh. Hal ini disampaikan oleh pejabat tinggi Korut yang mengatakan, negara itu sedang mempersiapkan konfrontasi jangka panjang dengan Amerika Serikat (AS).

Meski terkena sanksi internasional, Pyongyang telah melakukan serangkaian uji coba senjata tahun ini, termasuk rudal hipersonik. Hal tersebut dicapai saat pemimpin Korut Kim Jong-un mengejar tujuannya untuk memperkuat militer lebih lanjut.
Baca: Korea Utara Konfirmasi Uji Coba Peluncuran 2 Rudal Taktis.

Terhuyung-huyung secara ekonomi dari blokade virus korona yang dipaksakan sendiri, negara miskin itu belum menanggapi tawaran pembicaraan Washington. Di saat bersamaan mereka menggandakan tes senjata dan bersumpah akan memberikan tanggapan yang "lebih kuat dan pasti" terhadap setiap upaya untuk mengendalikannya.

“Sebuah pertemuan politbiro Komite Sentral Partai Pekerja memberikan instruksi kepada sektor terkait, untuk segera memeriksa langkah untuk memulai kembali semua kegiatan yang telah ditangguhkan sementara,” sebut media pemerintah KCNA, yang dikutip AFP, Kamis 20 Januari 2022.

"Kebijakan bermusuhan dan ancaman militer oleh AS telah mencapai garis bahaya yang tidak dapat diabaikan lagi," kata badan tersebut.

Kim Jong-un memimpin pertemuan politbiro di mana para pejabat mempresentasikan laporan yang menganalisis kondisi di Semenanjung Korea - dan membahas "orientasi untuk tindakan balasan terhadap AS di masa depan".

Potensi dimulainya kembali uji coba nuklir dan rudal balistik jarak jauh datang pada saat yang sulit di kawasan itu, dengan satu-satunya sekutu utama Kim, Tiongkok, akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan dan Korea Selatan bersiap untuk pemilihan presiden pada Maret.
 


Pemimpin Korea Utara itu mengumumkan moratorium uji coba nuklir dan ICBM yang diberlakukan sendiri pada 2018. Tetapi mengancam akan mencabutnya setelah pembicaraan dengan presiden saat itu Donald Trump gagal pada 2019.

Kim menegaskan kembali komitmennya terhadap modernisasi militer pada pidato kunci partai bulan lalu, tanpa menyebut Amerika Serikat.

Aktivitas menghancurkan

Washington menyerang Pyongyang dengan sanksi baru pekan lalu, dan Korea Utara menanggapi dengan serangkaian uji coba rudal, menegaskan "haknya yang sah" untuk membela diri.

Korea Utara juga telah meningkatkan retorika anti-Washingtonnya.

"AS dengan kejam mencaci negara kami dan melakukan tindakan bodoh dengan mengambil alih 20 tindakan sanksi independen," menurut KCNA.

Badan tersebut mengatakan politbiro dengan suara bulat setuju bahwa Korea Utara harus "membuat persiapan yang lebih menyeluruh untuk konfrontasi jangka panjang dengan imperialis AS", serta "meningkatkan kekuatan fisik kita untuk membela" hak dan kepentingan bangsa.

Awal pekan ini Amerika Serikat meminta negara itu untuk "menghentikan kegiatannya yang melanggar hukum dan tidak stabil".

Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, Sung Kim menyatakan, “keprihatinan tentang peluncuran rudal sebelumnya dan mendesak Pyongyang untuk kembali berdialog tanpa prasyarat.”

Bahkan saat ia melenturkan otot militernya, negara miskin itu diam-diam memulai kembali perdagangan lintas batas dengan Tiongkok.

Kereta barang dari Korea Utara tiba di kota perbatasan Tiongkok, Dandong untuk pertama kalinya sejak awal 2020 akhir pekan lalu.

(FJR)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id