Jepang Perpanjang Darurat Negara Hingga 6 Mei

    Marcheilla Ariesta - 17 April 2020 14:14 WIB
    Jepang Perpanjang Darurat Negara Hingga 6 Mei
    Masyarakat Jepang masih bekerja di tengah penerapan keadaan darurat. (Foto: AFP).
    Tokyo: Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat di seluruh negara hingga 6 Mei mendatang. Langkah ini harus dipatuhi 47 prefektur di Negeri Sakura.

    Pemerintah memperpanjang keadaan darurat karena kasus virus korona (covid-19) berlipat ganda dalam satu pekan terakhir. Angka kasus terkonfirmasi mencapai 9.000.

    Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan ingin dekrit itu meningkatkan rasa urgensi di seluruh negeri. Dia juga membatasi perjalanan lintas prefektur.

    "Infeksi telah berkembang karena pergerakan orang yang tetap banyak dan terus-menerus melintasi kota," kata Abe.

    "Menuju liburan Golden Week, semua orang harus menghindari perjalanan yang tidak penting," imbuhnya dilansir dari The Straits Times, Jumat 17 April 2020.

    Pernyataan Abe tersebut merujuk pada liburan selama sepekan mulai 29 April. Biasanya, ini menajdi musim liburan pariwisata domestik.

    Awalnya keadaan darurat yang dinyatakan pemerintah pada 7 April lalu hanya mencakup tujuh prefektur, yaitu Tokyo, Chiba, Saitama, Kanagawa, Osaka, Hyogo, dan Fukuoka.

    Namun, daerah lain seperti Aichi dan Hokkaido secara sepihak menyatakan keadaan darurat mereka sendiri setelah ditutup pemerintah nasional. Menurut pemerintah, kedua prefektur ini tidak memiliki tingkat infeksi yang tinggi.

    Keadaan darurat tidak membawa kekuatan hukuman apapun, namun bisa memberikan otoritas prefektur untuk 'meminta' masyarakat tetap tinggal di rumah. Selain itu, keadaan ini juga memperbolehkan pemerintah lokal untuk meminta bisnis tutup sementara.

    Abe mengatakan jika masyarakat patuh dan tingkat infeksi covid-19 menurun, maka kemungkinan deklarasi status darurat  bisa dicabut sesuai jadwal yakni pada 6 Mei mendatang.

    Ada 9.220 infeksi virus korona di negara yang baru mengganti Kaisarnya tahun lalu itu. 190 kematian secara nasional diumumkan pada Kamis malam.

    Iwate, di sebelah timur laut, merupakan satu-satunya dari 47 prefektur yang tidak melaporkan adanya kasus covid-19 di sana.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id