Menlu Tiongkok: AS Pendorong Militerisasi di Laut China Selatan

    Fajar Nugraha - 10 September 2020 11:57 WIB
    Menlu Tiongkok: AS Pendorong Militerisasi di Laut China Selatan
    Menlu Tiongkok Wang Yi. Foto: AFP
    Hanoi: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan, Amerika Serikat (AS) secara langsung melakukan intervensi dalam sengketa wilayah dan maritim di Laut China Selatan. Hal disebabkan karena kebutuhan politiknya sendiri.

    “Tindakan AS menjadi pendorong militerisasi terbesar di kawasan itu,” kata Wang pada konferensi video dengan para Menlu di KTT ASEAN, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 10 September 2020.

    "Perdamaian dan stabilitas adalah kepentingan strategis terbesar Tiongkok di Laut China Selatan. Ini juga merupakan aspirasi strategis bersama Tiongkok dan negara-negara ASEAN," tegas Wang.

    Menurut Wang, Tiongkok bersedia untuk berkomunikasi dan berdialog dengan Amerika Serikat untuk mencapai kerja sama.

    Bulan lalu, Amerika Serikat memasukkan 24 perusahaan Tiongkok ke dalam daftar hitam dan menargetkan individu yang dikatakannya sebagai bagian dari konstruksi dan tindakan militer di Laut China Selatan. Ini adalah sanksi pertama seperti itu terhadap Beijing atas perselisihan jalur perairan strategis.

    Menlu Wang Yi mengkritik Amerika Serikat karena campur tangan langsung dalam sengketa wilayah dan maritim di wilayah tersebut. Dia juga mengatakan bahwa AS memprovokasi konfrontasi antara negara-negara di kawasan itu meskipun Beijing dan anggota ASEAN berusaha menyelesaikan sengketa Laut China Selatan melalui konsultasi.


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id