Koizumi Tidak Ikut dalam Persaingan Posisi PM Jepang

    Willy Haryono - 30 Agustus 2020 13:04 WIB
    Koizumi Tidak Ikut dalam Persaingan Posisi PM Jepang
    Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi. (Foto: AFP)
    Tokyo: Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi memutuskan tidak akan ikut serta dalam persaingan memperebutkan jabatan Perdana Menteri Shinzo Abe. Jumat kemarin, Abe mengundurkan diri dari jabatan PM Jepang atas alasan kesehatan.

    Menurut laporan kantor berita NHK, Minggu 30 Agustus 2020, Koizumi -- anak dari mantan PM ternama Junichiro Koizumi -- mengaku akan mendukung Menteri Pertahanan Taro Kono jika ia memutuskan ikut serta dalam persaingan di internal Partai Demokratik Liberal (LDP).

    Jabatan ketua LDP sudah hampir memastikan jabatan PM, karena partai tersebut merupakan mayoritas di majelis rendah parlemen Jepang.

    Kono merupakan satu dari sejumlah nama yang diyakini akan menjadi kandidat PM baru Jepang. Selain Kono terdapat pula laporan bahwa Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga akan ikut serta dalam persaingan jabatan ketua LDP.

    Suga, salah satu orang kepercayaan Abe, dianggap sejumlah sepihak sebagai kandidat kuat untuk mengisi jabatan PM Jepang. Jika ia terpilih menjadi PM Jepang, Suga kemungkinan akan memperpanjang kebijakan stimulus fiskal dan moneter yang diperjuangkan Abe sejak delapan tahun terakhir.

    Pada 2012, Suga dipilih Abe untuk mengisi jabatan sekretaris kabinet sekaligus juru bicara pemerintahan. Suga dipercaya sebagai koordinator berbagai kebijakan Abe dan juga mengurusi sejumlah urusan terkait birokrasi Jepang.

    Media Kyodo melaporkan bahwa pemilihan ketua LDP akan berlangsung pada 15 September mendatang.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id