Kota Zhejiang di Tiongkok Bagi 3 Tahap Vaksinasi Covid-19 ke Warga

    Harianty - 19 Oktober 2020 20:42 WIB
    Kota Zhejiang di Tiongkok Bagi 3 Tahap Vaksinasi Covid-19 ke Warga
    Vaksin covid-19 yang sedang dikembangkan oleh Sinovac turut di uji di Indonesia dan Brasil. Foto: AFP
    Beijing: Zhejiang akan menjadi provinsi pertama di Tiongkok yang menerapkan program vaksinasi covid-19 melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahab Penyakit (CDC) provinsi. CDC telah membeli vaksin dari Perusahaan Produk Biologi Beijing Sinovac dan secara bertahap akan mendistribusikan vaksin tersebut ke pusat kesehatan masyarakat di provinsi tersebut.

    Baca: Vaksin Covid-19 Sinovac Mulai Digunakan untuk Warga Tiongkok.

    Seperti dikutip dari Portal 163.com pada 19 Oktober 2020, Aliansi Penerbangan Sipil melaporkan bahwa Zhejiang akan meluncurkan rencana vaksinasi darurat tingkat provinsi pertama di Tiongkok untuk covid-19. Vaksin akan diberikan prioritas kepada staf medis dan personel yang diperlukan, dan masyarakat juga dapat divaksinasi dengan harga 400 yuan atau sekitar 800 ribu.

    Vaksin di Zhejiang didistribusikan dalam tiga tahap. Beberapa tahap itu diatur antara lain: 

    1. Target jaminan utama.

    Target ini termasuk staf medis dan personel CDC akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin.

    2. Target rekomendasi utama.

    Mereka yang termasuk dalam target ini personel penting, pegawai negeri, dan mereka yang bersiap untuk pergi ke luar negeri akan menerima vaksin.

    3. Target umum.

    Layanan vaksinasi selanjutnya akan terbuka untuk ‘umum’ berusia 18 hingga 59 tahun, dan vaksin akan disuntikkan dalam dua dosis terbagi setiap dua hingga empat minggu.

    Ini adalah proyek percontohan dari rencana vaksinasi nasional Tiongkok, dan juga rencana vaksinasi covid-19 pertama di dunia yang dibuka untuk masyarakat umum.

    Berita gabungan Aliansi Penerbangan Sipil dan South China Morning Post melaporkan bahwa Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Zhejiang dalam konferensi persnya dua hari yang lalu mengungkapkan bahwa seiring dengan datangnya flu musim gugur dan musim dingin, Zhejiang secara serius merencanakan vaksinasi darurat. Tetapi tidak ada tanggal implementasi spesifik yang diungkapkan.

    Dilaporkan bahwa kemajuan persiapan setiap kota di provinsi itu berbeda, dan Kota Yiwu telah mulai menyediakan layanan vaksinasi bagi mereka yang akan pergi ke luar negeri untuk berbisnis.

    Ini diyakini sebagai program vaksinasi covid-19 pertama di dunia yang tersedia untuk umum. Rusia, yang juga menyetujui vaksinasi darurat untuk covid-19, masih terbatas pada personel garis depan.

    Pejabat lokal mengungkapkan pada  Agustus bahwa mereka berniat untuk menerapkan rencana vaksinasi skala besar bulan ini, namun rinciannya belum diumumkan.

    Saat ini ada empat vaksin di Tiongkok yang telah memasuki uji klinis fase ketiga. Pada Juni tahun ini, Tiongkok menyetujui penggunaan darurat Ad5-nCoV, yang diumumkan bersama oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Chen Wei, anggota Akademi Teknik China dan peneliti di Akademi Ilmu Militer dan Cansino Biotech.

    Vaksin yang dikembangkan oleh China National Pharmaceutical Group, Sinovac, dan Institut Produk Biologi Wuhan telah disetujui.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id