Kim Jong-un Sebut Rencana Ekonomi Korut Gagal Total

    Fajar Nugraha - 06 Januari 2021 08:28 WIB
    Kim Jong-un Sebut Rencana Ekonomi Korut Gagal Total
    Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un sebut ekonomi negaranya alami kegagalan. Foto: AFP
    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un membuka kongres Partai Buruh yang sangat langka terjadi. Dalam kongres, Kim Jong-un menyebutkan rencana ekonomi Korut selama lima tahun mengalami kegagalan.

    Media Korea Utara KCNA melaporkan pada Rabu 6 Januari 2021 bahwa upacara pembukaan kongres partai kedelapan berlangsung di Pyongyang sehari sebelumnya. Pidato pembukaan diberikan oleh Kim Jong-un.

    “Periode strategi pembangunan ekonomi lima tahun telah diselesaikan tahun lalu. Tetapi rencana tersebut secara signifikan gagal mencapai tujuannya di hampir setiap sektor,” ujar Kim Jong-un seperti disebut KCNA, yang dikutip dari KBS World.

    “Memperhatikan tantangan eksternal dan internal yang menghambat pembangunan negara, diperlukan menghasilkan langkah-langkah tegas untuk menghadapi masalah dan hambatan,” tegasnya.

    Kim menambahkan bahwa kongres tersebut akan menjadi tonggak dan pijakan untuk lompatan besar dalam upaya memperkuat kekuatan nasional dan meningkatkan taraf hidup warga Korea Utara.

    Kongres tersebut, pertemuan pertama dalam hampir lima tahun, dilakukan beberapa minggu sebelum Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat.

    Kongres tersebut dihadiri oleh 250 anggota pimpinan partai, empat ribu 750 delegasi dan dua ribu pengamat.

    Rakyat Korea Utara saat ini hidup dalam kesusahan. Berbagai sanksi ekonomi, membuat negara itu terisolir dari dunia internasional. Tak pelak, Korut harus mengandalkan perekonomiannya kepada tetangga terdekat, Tiongkok serta beberapa negara lain seperti Iran.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id