Taliban Dukung Kampanye Vaksinasi Polio di Afghanistan

    Marcheilla Ariesta - 19 Oktober 2021 13:07 WIB
    Taliban Dukung Kampanye Vaksinasi Polio di Afghanistan
    Ilustrasi vaksin. (AFP)



    Kabul: Petugas kesehatan di Afghanistan akan memulai program vaksinasi polio dari rumah ke rumah mulai bulan depan. Hal ini dilakukan setelah kelompok Taliban menyetujui program tersebut.

    "WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan UNICEF (Dana Anak-anak PBB) menyambut baik keputusan pemimpin Taliban yang mendukung dimulainya kembali vaksinasi polio dari rumah ke rumah di Afghanistan," kata mereka dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Jazeera, Selasa, 19 Oktober 2021.

     



    Afghanistan dan negara tetangganya, Pakistan merupakan negara terakhir di dunia dengan polio endemik. Penyakit sangat menular ini ditularkan melalui limbah yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak.

    Polio hampir hilang secara global melalui upaya imunisasi selama beberapa dekade. Namun, ketidakamanan, medan yang sulit diakses, imigrasi massal, dan kecurigaan adanya campur tangan pihak luar, menghambat imunisasi massal polio di Afghanistan dan beberapa wilayah Pakistan.

    Badan-badan PBB mencatat, hanya ada satu kasus virus polio yang dilaporkan di Afghanistan sejak awal tahun. WHO dan UNICEF menilai program vaksinasi ini sebagai kesempatan luar biasa untuk memberantas polio di Afghanistan.

    "Memulai kembali vaksinasi polio merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah kebangkitannya. Vaksinasi juga penting untuk mengurangi risiko penularan (polio) lintas batas dan internasional," pungkas mereka.

    Baca:  Mengapa Vaksin Polio Harus Diberikan Berkali-kali?

    Kesediaan Taliban dalam menyetujui vaksinasi polio dinilai sebagai salah satu upaya meraih simpati komunitas global.

    Sejak menguasai Afghanistan pada 15 Agustus lalu, Taliban berkomitmen berubah menjadi kelompok yang lebih moderat, berbeda dari kepemimpinan di era 1990-an.

    Taliban juga mengaku ingin menjalin kerja sama dengan negara-negara dan organisasi internasional.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id