Tiongkok Anggap Trump Gunakan PBB untuk Lakukan Provokasi

    Fajar Nugraha - 23 September 2020 05:57 WIB
    Tiongkok Anggap Trump Gunakan PBB untuk Lakukan Provokasi
    Presiden Tiongkok Xi Jinping berbicara di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: AFP
    New York: Tuduhan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa Tiongkok melepaskan covid-19, mendapat perlawanan. Ucapan Trump yang disampaikan melalui Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, dinilai sebagai kebohongan dan menyalahgunakan platform PBB untuk memprovokasi konfrontasi.

    Baca: Pada Sidang PBB, Trump Minta Tiongkok Bertanggungjawab Atas Covid-19.

    Presiden Tiongkok Xi Jinping memberikan nada damai dalam pidato virtualnya yang direkam sebelumnya kepada Sidang PBB. Presiden Xi menyerukan peningkatan kerja sama atas pandemi dan menekankan bahwa negaranya tidak berniat untuk berperang "baik Perang Dingin atau perang panas dengan negara mana pun".

    Namun Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun menolak tuduhan Trump terhadap Tiongkok sebagai ‘tidak berdasar’. “Ini adalah kebohongan yang diulang ribuan kali masih merupakan kebohongan,” tegas Zhang, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu 23 September 2020.

    Trump dan Xi, pemimpin dua ekonomi terbesar dunia, menguraikan visi yang saling bersaing pada saat hubungan telah jatuh ke level terburuk dalam beberapa dekade. Pandemi virus korona memperburuk sengketa perdagangan dan teknologi yang sudah terjadi sebelumnya.

    Trump, menghadapi pertempuran pemilihan ulang November dengan Amerika Serikat yang berurusan dengan jumlah kematian dan infeksi resmi tertinggi di dunia dari virus korona. Itu sebabnya dia memfokuskan pidatonya untuk menyerang Negeri Tirai Bambu.

    Dia menuduh Beijing mengizinkan orang meninggalkan Tiongkok pada tahap awal wabah untuk menginfeksi dunia sambil menutup perjalanan domestik.

    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id