Tiongkok Fasilitasi Pembelian Pasokan Medis Bagi Turki

    Fajar Nugraha - 09 April 2020 09:24 WIB
    Tiongkok Fasilitasi Pembelian Pasokan Medis Bagi Turki
    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP
    Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping tegaskan pemerintahannya akan terus mendukung Turki dalam perang melawan epidemi virus korona covid-19 sesuai dengan kebutuhannya. Xi akan memfasilitasi pembelian pasokan medis bagi Turki di Tiongkok.

    Berbicara melalui sambungan telepon, Xi memperhatikan bahwa covid-19 menyebar ke seluruh dunia dan menghadirkan tantangan berat bagi Turki. Xi pun menyatakan simpati dan dukungan kuat kepada pemerintah dan rakyat Turki.

    “Kami baru saja keluar dari periode yang paling sulit dan mempercepat pemulihan produksi normal dan kehidupan sehari-hari. Namun hal itu dilakukan dengan upaya yang sulit pula,” ujar Xi, seperti dikutip Xinhua, Kamis, 9 April 2020.

    Dia mengatakan, Tiongkok menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas memproduksi pasokan medis untuk pencegahan epidemi dan berusaha menyediakan dukungan materi sebanyak mungkin untuk pertempuran global melawan pandemi.

    Dirinya pun menambahkan bahwa pemerintahannya telah memberi pihak Turki beberapa persediaan antiepidemi dan mengatur pertukaran antara para ahli medis dan kesehatan kedua negara melalui tautan video untuk berbagi pengalaman mereka dalam pertarungan covid-19.

    “Tiongkok akan terus mendukung Turki dalam perangnya melawan epidemi covid-19 sesuai dengan kebutuhannya, dan membantu serta memfasilitasi pembelian pasokan medis di Tiongkok,” tutur Presiden Xi.

    Dia juga menyatakan keyakinannya bahwa di bawah kepemimpinan Erdogan, Turki pasti akan mengatasi epidemi.

    “Virus tidak mengenal batas atau ras. Hanya dengan upaya bersama komunitas internasional dapat mengatasi penyakit tersebut,” sebutnya.

    “Tiongkok dan Turki harus bekerja sama satu sama lain secara erat dan memperkuat koordinasi untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai pada KTT Luar Biasa G20. Sehingga dapat memberikan kontribusi bersama untuk kerja sama internasional melawan pandemi,” imbuhnya.

    Xi menambahkan bahwa kedua negara harus bekerja sama untuk meningkatkan rasa saling percaya politik, terutama saling pengertian dan dukungan pada isu-isu yang menyangkut kepentingan utama masing-masing dan keprihatinan utama. Termasuk pula meningkatkan sinergi strategi pembangunan mereka, memperdalam kerja sama praktis di berbagai bidang, dan mendorong hubungan bilateral tingkat baru.

    Sementara itu, Erdogan mengatakan pertarungan melawan covid-19 adalah pertempuran umum yang dihadapi seluruh umat manusia.

    “Tiongkok telah mengalahkan epidemi melalui upaya heroik, yang memberi contoh bagi dunia,” tegas Erdogan.

    “Selain itu Tiongkok telah melakukan upaya habis-habisan untuk memproduksi dan menyediakan pasokan medis antiepidemi bagi dunia, yang telah sangat mendorong komunitas internasional. Tiongkok dan Turki telah saling mendukung dan persahabatan mereka semakin kuat dari waktu ke waktu,” sebut Erdogan.

    Erdogan mengatakan dia menghargai dukungan Tiongkok dalam perjuangan covid-19 dan fasilitasi pembelian pasokan medis di Negeri Tirai Bambu.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id