comscore

Kim Jong-un Serukan Pemberantasan Korupsi dan Penyalahgunaan Kekuasaan

Willy Haryono - 13 Juni 2022 21:20 WIB
Kim Jong-un Serukan Pemberantasan Korupsi dan Penyalahgunaan Kekuasaan
Seorang pria menonton pemimpin Korut Kim Jong-un yang muncul di layar televisi di Seoul, Korsel, 6 Januari 2021. (Jung Yeon-je / AFP)
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memerintahkan jajarannya untuk memberantas praktik korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan dalam upaya mendisiplinkan internal partai di tengah wabah Covid-19 dan memburuknya perekonomian negara.

Dalam pertemuan Partai Buruh Korut pada hari Minggu kemarin, Kim dan sejumlah pejabat tinggi mendiskusikan pentingnya "menjaga kedisiplinan" dalam perang melawan "aksi-aksi non-revolusioner, termasuk penyalahgunaan kekuasaan dan birokratisme."
Berdasarkan laporan terbaru Korean Central News Agency (KCNA) pada Senin ini, 13 Juni 2022, Kim juga menyerukan dibentuknya sebuah "sistem penalti keras" terhadap para pejabat yang melanggar aturan.

Menurut sejumlah pengamat, seruan terbaru ini mengindikasikan upaya Kim dalam mengkonsolidasikan kekuatan politik sekaligus meraih dukungan publik di tengah wabah Covid-19.

"Pertemuan kemarin kelihatannya bertujuan untuk memperkuat kendali di internal partai," tutur juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel), Cho Joong-hoon, kepada awak media.

Sebelumnya, Kim menyalahkan sejumlah pejabat kesehatan atas penanganan wabah Covid-19. Dalam beberapa tahun terakhir, Kim juga kerap menegur para pejabatnya atas masalah ekonomi dan "aktivitas anti-sosialis."

Kendati begitu, di saat Korut tengah berjuang menangani beberapa isu domestik, rezim Kim terus memfokuskan segala sumber daya dalam meningkatkan program nuklir dan rudal balistik.

Hari Minggu kemarin, Korut telah meluncurkan beberapa artileri ke arah laut, menurut laporan Kepala Staf Gabungan Korsel. Peluncuran tersebut merupakan provokasi terbaru Korut yang semakin intensif dilakukan sejak awal 2022.

Baca:  Terus Provokasi, Korea Utara Kembali Melakukan Uji Coba Rudal

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id