comscore

Taliban Klaim Sudah Penuhi Persyaratan untuk Pengakuan Internasional

Marcheilla Ariesta - 19 Januari 2022 19:45 WIB
Taliban Klaim Sudah Penuhi Persyaratan untuk Pengakuan Internasional
Anggota Taliban dalam pawai senjata di Maymana./AFP
Kabul: Pelaksana Tugas Perdana Menteri Afghanistan, Mullah Hasan Akhund, menyerukan pemerintah internasional untuk secara resmi mengakui pemerintahan Taliban. Ia mengatakan, semua persyaratan untuk pengakuan global telah dipenuhi.

"Saya meminta semua pemerintah, terutama negara-negara Islam, mereka harus memulai pengakuan (terhadap Taliban)," kata Akhund, dikutip dari Al Jazeera, Rabu, 19 Januari 2022.

 



Dalam penampilan siaran piblik pertamanya, Akhund menjelaskan, ia dan pejabat pemerintahan Taliban lainnya mengajukan banding dalam konferensi pers untuk melonggarkan pembekuan uang ke negara itu.

"Bantuan jangka pendek bukanlah solusi, kita harus berusaha mencari cara untuk menyelesaikan masalah secara mendasar," lanjutnya.

Baca juga: Taliban: Anak Perempuan Bisa Mulai Sekolah 21 Maret Mendatang

Negar-negara internasional enggan mengakui pemerintahan Taliban yang mengambil alih Afghanistan pada Agustus 2021. Sementara negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat (AS), malah membekukan aset perbankan Afghanistan senilai miliaran dolar.

Mereka bahkan memotong dana pembangunan yang pernah menjadi 'tulang punggung' ekonomi Afghanistan.

Komunitas internasional meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan sebagian besar melewati jalur resmi. Tetapi negara itu menghadapi krisis uang tunai dan ekonomi yang memburuk selama musim dingin, mengakibatkan jutaan orang jatuh ke jurang kemiskinan.

Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Afghanistan, Deborah Lyons, mengatakan krisis ekonomi Afghanistan adalah masalah serius yang perlu ditangani semua negara.

"PBB sedang bekerja untuk merevitalisasi ekonomi Afghanistan dan secara mendasar mengatasi masalah ekonomi Afghanistan," katanya.

Pejabat menteri luar negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, mengatakan bahwa pemerintah Taliban sedang berusaha menjalin hubungan ekonomi dengan masyarakat internasional.

"Bantuan kemanusiaan adalah solusi jangka pendek untuk masalah ekonomi, tetapi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dalam jangka panjang adalah pelaksanaan proyek infrastruktur," pungkasnya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id