PM Jepang Fumio Kishida Kirim Persembahan ke Kuil Yasukuni

    Willy Haryono - 17 Oktober 2021 13:36 WIB
    PM Jepang Fumio Kishida Kirim Persembahan ke Kuil Yasukuni
    Warga berdoa di depan plakat persembahan atas nama Fumio Kishida di Kuil Yasukuni di Tokyo, Jepang, 17 Oktober 2021. (Behrouz MEHRI / AFP)



    Tokyo: Perdana Menteri baru Jepang Fumio Kishida mengirim sebuah persembahan ke kuil kontroversial Yasukuni yang dibangun untuk mengenang pahlawan era Perang Dunia II. Namun bagi beberapa negara tetangga Jepang, kuil tersebut merupakan simbol dari militerisme Jepang di masa lalu.

    Fumio Kishida mengirim persembahan pohon "masakaki" atas namanya sebagai perdana menteri dalam merayakan festival tahunan Kuil Yasukuni yang biasa digelar di musim semi dan gugur.

     



    Dilansir dari AFP, Minggu, 17 Oktober 2021, dua menteri kabient Kishida juga ikut mengirim persembahan ke Kuil Yasukuni.

    Kuil Yasukuni menghormati 2,5 juta pahlawan perang Jepang yang gugur sejak akhir abad ke-19. Namun kuil tersebut juga dibangun untuk menghormati beberapa tokoh militer dan politik Jepang yang disebut telah melakukan kejahatan perang oleh tribunal internasional.

    Sebelumnya pada tahun ini, tiga menteri Jepang memberikan penghormatan mereka di Kuil Yasukuni dalam memperingati menyerahkan Negeri Sakura di era Perang Dunia II.

    Sejak 2013, belum pernah ada satu pun PM Jepang yang hadir secara fisik di Kuil Yasukuni. Shinzo Abe pernah mendatangi Kuil Yasukuni saat dirinya menjadi PM, dan hal tersebut memicu kecaman sejumlah negara, termasuk sekutu dekat Jepang, Amerika Serikat.

    Pendahulu Kishida, Yoshihide Suga, telah melakukan ziarah ke Kuil Yasukuni, yang tayangannya terlihat di stasiun televisi NHK.

    Suga menghindari mengunjungi Kuil Yasukuni setelah 2012, saat dirinya menjadi juru bicara pemerintahan Abe. Saat menjadi PM Jepang, Suga juga hanya mengirim persembahan pohon masakaki.

    Baca:  PM Jepang Kirim Persembahan ke Kuil Kontroversial Yasukuni

    Kunjungan tokoh Jepang ke Kuil Yasukuni hampir selalu memicu kemarahan negara-negara yang menjadi korban kekejaman Jepang di era Perang Dunia II, terutama Korea Selatan dan Tiongkok.

    Menurut laporan Kyodo News, Fumio Kishida yang menjadi PM Jepang pada 4 Oktober lalu, tidak berencana mengunjungi Kuil Yasukuni dalam festival musim gugur yang berlangsung hingga Senin besok.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id