Ini 5 Negara yang Kirim Bantuan Alkes ke Indonesia

    Adri Prima - 09 Juli 2021 15:04 WIB
    Ini 5 Negara yang Kirim Bantuan Alkes ke Indonesia
    Ilustrasi. medcom.id



    Jakarta: Meningkatnya kasus Covid-19 yang melanda Indonesia, membuat pemerintah lakukan kerja sama dengan negara sahabat untuk membantu penanganan pandemi covid-19.

    Beberapa negara tercatat menunjukkan kepeduliannya terhadap Indonesia dengan mengirimkan bantuan alat-alat kesehatan untuk membantu pemerintah dan tenaga medis dalam negeri menangani lonjakan pasien Covid-19. 

     



    Berikut ini beberapa negara yang telah mengirimkan bantuan alkes untuk Indonesia: 

    Singapura


    Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri, dukungan kerja sama Pemerintah Singapura berupa alat-alat kesehatan sudah tiba di Indonesia Jumat, 9 Juli 2021. Dukungan tersebut antara lain berupa; 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD, tutup kepala dan alat kesehatan lainnya. 

    “Dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan akan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut,” ujar pernyataan Kemenlu, Jumat.

    Australia


    Bantuan juga dikirimkan oleh Australia berupa 1.000 ventilator sebagai bentuk kerjasama penanganan Covi-19. Kemenlu menjelaskan, selain bantuan alat kesehatan, kerja sama juga mencakup vaksin hingga obat-obatan. 

    China


    China juga menjadi negara yang paling sering mengirim bantuan kebutuhan medis untuk Indonesia. Beberapa alat kesehatan yang sudah dikirimkan China untuk Indonesia antara lain safety kit, test kit, masker N95, masker bedah dan sejumlah perlengkapan kesehatan lain. 

    Korea Selatan


    Indonesia juga mendapatkan sumbangan berupa 50.000 unit PCR dari empat perusahaan asal Korea Selatan. Empat perusahaan tersebut adalah perusahaan di bawah naungan LG yakni LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG International Indonesia. 

    Rusia


    Berbeda dengan negara-negara lain, Rusia mengirim bantuan obat cycloferon dan reamberin untuk perawatan pasien Covid-19 dengan kondisi parah dan sedang. Obat tersebut juga mencegah kemungkinan tenaga medis terpapar Covid-19. 

    Melansir laman facebook Kedutaan Besar Rusia, obat-obat tersebut diserahkan kepada pihak Indonesia sebagai donasi dari perusahaan farmasi asal Rusia Polysan Ltd.

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id