Taiwan Siap Bantu Warga yang Lari dari Hong Kong

    Willy Haryono - 01 Juli 2020 15:36 WIB
    Taiwan Siap Bantu Warga yang Lari dari Hong Kong
    Peresmian kantor Taiwan-Hong Kong Services and Exchange Office di Taipei, Taiwan, Rabu 1 Juli 2020 (Foto: AFP/JIJI)
    Hong Kong: Taiwan mengaku telah mendirikan sebuah kantor khusus untuk menampung warga Hong Kong yang ingin melarikan diri dari kota semi-otonom tersebut. Kantor dibentuk Taiwan usai Tiongkok mengadopsi Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong pada Selasa kemarin.

    Dilansir dari Al Jazeera, kantor berita Taiwan-Hong Kong Services and Exchange Office itu didirikan di pusat kota Taipei pada Rabu 1 Juli 2020.

    "Ini merupakan pencapaian penting pemerintah dalam mendukung demokrasi dan kebebasan di Hong Kong," ujar menteri senior Taiwan, Chen Ming-tong.

    Pendirian kantor oleh Taiwan ini bertepatan dengan peringatan 23 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok. Saat diserahkan dulu, Tiongkok berjanji akan menerapkan prinsip "Satu Negara, Dua Sistem."

    Namun, UU Keamanan Nasional dikhawatirkan banyak pihak akan mengikis otonomi dan kebebasan di Hong Kong. Tiongkok berkukuh UU tersebut justru didesain untuk menjamin kesejahteraan di Hong Kong.

    Beijing juga berjanji prinsip "Satu Negara, Dua Sistem" akan tetap dijunjung tinggi meski UU Keamanan Nasional sudah diadopsi.

    Baca: Penangkapan Perdana di Bawah UU Keamanan Nasional Hong Kong

    Taiwan dan Hong Kong selama ini dikenal sering menentang Tiongkok, terutama mengenai status kenegaraan keduanya.

    Mei lalu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjadi pemimpin global pertama yang bertekad akan mengambil langkah-langkah tertentu untuk menolong warga yang memilih meninggalkan Hong Kong.

    Pemerintah Inggris di bawah Perdana Menteri Boris Johnson juga telah mengutarakan hal serupa, dan siap menampung sejumlah warga Hong Kong yang ingin angkat kaki dari kota semi-otonom tersebut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id