Tiongkok Tingkatkan Waspada Banjir ke Level Tertinggi Kedua

    Willy Haryono - 12 Juli 2020 19:07 WIB
    Tiongkok Tingkatkan Waspada Banjir ke Level Tertinggi Kedua
    Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)



    Beijing: Tiongkok meningkatkan waspada musibah banjir ke level tertinggi kedua untuk wilayah-wilayah di sepanjang Sungai Yangtze, Minggu 12 Juli 2020. Provinsi Jiangsu dan Jiangxi merupakan dua wilayah terparah dilanda musibah kali ini.

    Dilansir dari The Straits Times, banjir di wilayah Poyang di Jiangxi telah membuat ketinggian air di Danau Poyang -- danau air tawar terbesar di Tiongkok -- meningkat di atas 22,52 meter. Angka tersebut jauh di atas level waspada, yakni 19,5 meter dari dasar danau.

     



    Hingga Sabtu malam, otoritas Jiangxi telah mengerahkan ribuan prajurit untuk membantu mencegah meluapnya Danau Poyang.

    Tiongkok memiliki sistem respons darurat yang terdiri dari empat level. Level pertama merupakan yang tertinggi.

    Mengutip data dari Kementerian Sumber Daya Air Tiongkok, sebanyak 212 sungai telah melampaui level waspada sejak awal Juli. Sebanyak 19 dari total tersebut telah jauh melewati angka level waspada.

    Negeri Tirai Bambu menyebut cuaca ekstrem sebagai penyebab turunnya hujan deras yang melanda sejumlah wilayah sejak Juni lalu. Kerugian material akibat musibah terkait hujan deras di Tiongkok diperkirakan mencapai 60 miliar Yuan atau setara Rp172 triliun.

    Dalam skala nasional, banjir di Tiongkok sejak awal Juni telah membuat 78 orang dinyatakan tewas atau hilang. Banjir juga telah menghancurkan atau merusak lebih dari 100 ribu rumah.

    Banjir musiman melanda Tiongkok pada setiap tahunnya. Sejumlah pemerintah daerah di Tiongkok berusaha memitigasi musibah musiman ini dengan membangun sejumlah bendungan.

    Musibah banjir terburuk dalam beberapa tahun terakhir di Tiongkok terjadi pada 1998. Kala itu, lebih dari 2.000 orang tewas dan hampir 3 juta rumah hancur diterjang banjir.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id