Selandia Baru 100 Hari Nol Kasus Lokal Covid-19

    Willy Haryono - 10 Agustus 2020 06:55 WIB
    Selandia Baru 100 Hari Nol Kasus Lokal Covid-19
    Selandia Baru dipuji komunitas internasional atas kesuksesannya menangani covid-19. (Foto: AFP)
    Wellington: Selandia Baru telah melewati 100 hari tanpa ada satu pun kasus lokal virus korona (covid-19). Ini merupakan pencapaian yang disambut baik, namun juga diwaspadai karena berpotensi membuat masyarakat Selandia Baru terlena.

    Kasus lokal terakhir covid-19 di Selandia Baru terdeteksi pada 1 Mei, beberapa hari usai negara tersebut melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown).

    Saat ini, angka kasus aktif covid-19 di Selandia Baru tetap 23, dan semuanya berada dalam isolasi yang terkendali. Selandia Baru telah berhasil mengendalikan penyebaran covid-19, dengan hanya ada 1.219 kasus terkonfirmasi dan 22 kematian sejak virus itu muncul di akhir Februari.

    Dipuji komunitas global karena penanganan covid-19, Pemerintah Selandia Baru telah mencabut hampir semua pembatasan yang diberlakukan kali pertama pada Maret.

    Lockdown dini, pengawasan perbatasan, penyampaian pesan kesehatan yang efektif, dan tes agresif serta program pelacakan kontak merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan Selandia Baru.

    Namun otoritas kesehatan memperingatkan potensi bahaya, karena gelombang kedua covid-19 masih mungkin terjadi di Selandia Baru.

    "Mencapai 100 hari tanpa transmisi lokal covid-19 adalah pencapaian signifikan. Namun, seperti yang kita tahu, kita tidak boleh terlena," kata Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Dr Ashley Bloomfield, dilansir dari laman BBC, Minggu 9 Agustus 2020.

    "Kita melihat di negara lain bagaimana virus ini dapat muncul kembali dan menyebar di wilayah yang tadinya terkendali. Kita perlu bersiap terhadap kasus-kasus yang mungkin muncul di Selandia Baru," sambungnya.

    Perdana Menteri Selandia Baru Jacindra Ardern juga menyampaikan pernyataan senada. Ia menyambut baik 100 hari tanpa kasus lokal, namun tetap mendorong kewaspadaan.

    "Pencapaian ini tidak mengurangi risiko apapun. Seratus hari adalah pencapaian, tapi kita harus tetap waspada," ungkapnya.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id