Listrik di Ratusan Ribu Rumah Padam akibat Topan Haishen

    Willy Haryono - 07 September 2020 06:28 WIB
    Listrik di Ratusan Ribu Rumah Padam akibat Topan Haishen
    Kondisi di pantai prefektur Kagoshima menjelang kedatangan Topan Haishen pada Minggu 6 September 2020. (Foto: AFP/Charly Triballeau)
    Tokyo: Ratusan ribu rumah di Jepang kehilangan aliran listrik usai kedatangan Topan Haishen pada Minggu 6 September. Sekitar delapan juta orang di area terdampak Haishen telah diminta untuk mengungsi.

    Menurut laporan kantor berita NHK, hampir 430 ribu rumah di wilayah Kyushu kehilangan aliran listrik pada Senin 7 September 2020, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

    Haishen telah memicu penutupan sejumlah pabrik, sekolah, dan tempat usaha di seantero barat Jepang. Ratusan penerbangan dan jadwal kereta api juga dibatalkan akibat topan tersebut.

    "Meski melemah dan sedikit berubah arah seiring pergerakannya ke arah daratan, Haishen masih tetap menjadi badai besar dan sangat kuat," kata Direktur Agensi Meteorologi Jepang (JMA), Yoshihisa Nakamoto, seperti dilansir oleh kantor berita AFP.

    "Hujan deras dalam intensitas tinggi akan terjadi. Hujan mungkin akan memicu tanah longsor, atau dapat membuat sejumlah sungai besar meluap," sambungnya.

    Guyuran hujan yang dibawa Haishen dapat memicu banjir luas di dataran rendah Jepang, terutama di sekitar mulut-mulut sungai.

    Berbicara dalam sebuah rapat kabinet, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta semua warga untuk menerapkan kewaspadaan tinggi. "Kepada semua warga, terutama yang tinggal di area rentan banjir, tolong tetap waspada dan patuhi imbauan otoritas lokal," sebut PM Abe.

    "Tolong untuk segera mengambil tindakan untuk memastikan keselamatan Anda, untuk melindungi nyawa Anda," sambungnya.

    Setelah melewati Jepang, Haishen diperkirakan tiba di Korea Selatan pada Senin ini. Haishen tiba beberapa usai usai Maysak, salah satu topan terkuat di kawasan dalam beberapa tahun terakhir.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id