India Krisis Oksigen Medis di Tengah Lonjakan Covid-19

    Willy Haryono - 15 September 2020 09:02 WIB
    India Krisis Oksigen Medis di Tengah Lonjakan Covid-19
    Seorang pasien mendapat pasokan oksigen medis di salah satu rumah sakit di India. (Foto: AFP)
    Mumbai: Ankit Sethia berusaha keras mencari tambahan oksigen medis untuk rumah sakit miliknya yang memiliki kapasitas 50 tempat tidur di Mumbai, India. Hanya dua dari empat tangki oksigen yang terisi penuh di rumah sakit milik Sethia, SS Hospital dan Research Centre.

    Sebanyak 44 dari total 50 tempat tidur di rumah sakit tersebut diisi pasien virus korona (covid-19). Banyak dari mereka membutuhkan pasokan oksigen medis untuk bernapas.

    Masing-masing tangki oksigen habis dalam kurun waktu enam jam, walau biasanya sembilan jam. Ini dikarenakan lonjakan jumlah pasien yang belum pernah terjadi sebelumnya.

    Dua pemasok oksigen untuk Sethia sama-sama sudah kehabisan pasokan.

    Sepanjang malam, Sethia menghubungi 10 pemasok dan empat rumah sakit di Mumbai untuk mencari oksigen medis. Tidak ada satu pun dari mereka yang memiliki pasokan lebih.

    Sekitar pukul 02.00 dini hari, Sethia akhirnya mendapat 20 tabung oksigen dari rumah sakit lain yang berjarak sekitar 30 kilometer SS Hospital. Tidak ada kendaraan pengangkut, sehingga Sethia harus bolak balik sebanyak lima kali dengan ambulans.

    "Sekarang saya punya cukup oksigen untuk 12 jam ke depan," kata Sethia, dilansir dari laman BBC, Selasa 15 September. "Kami berjuang keras setiap hari. Pertarungan kami saat ini adalah untuk mendapatkan oksigen," sambungnya.

    Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 15 persen pasien covid-19 membutuhkan oksigen untuk bernapas selama perawatan. Sebagian pasien covid-19 tidak terlihat mengalami masalah pernapasan, tapi ternyata level oksigen dalam darahnya sangat rendah -- suatu kondisi bernama hypoxia.

    Segelintir kecil pasien covid-19 membutuhkan ventilator untuk tetap bertahan hidup selama perawatan.

    Sekitar 500 pabrik di seantero India mengambil dan menjernihkan oksigen dari udara. Oksigen untuk kebutuhan medis biasanya berkisar 15 persen dari keseluruhan pasokan di India -- sisanya oksigen untuk industri.

    Berdasarkan data terbaru Johns Hopkins University pada Selasa ini, total kasus covid-19 di India telah melampaui angka 4,8 juta dengan 79 ribu lebih kematian dan 3.780.107 pasien sembuh.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id