Maladewa Bersiap Sambut Kedatangan Turis Internasional

    Willy Haryono - 11 Juli 2020 17:09 WIB
    Maladewa Bersiap Sambut Kedatangan Turis Internasional
    Foto udara memperlihatkan ibu kota Maladewa, Male. (Foto: AFP/Roberto Schmidt)
    Male: Pandemi virus korona (covid-19) yang begitu mendadak telah memukul banyak sektor, termasuk pariwisata. Sebagai negara yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai pemasukan, membuka kembali pintu bagi wisatawan asing merupakan hal krusial bagi Maladewa.

    Momen pembukaan tersebut sudah semakin mendekat. Tepat tanggal 15 Juli mendatang, Maladewa akan kembali membuka perbatasannya untuk didatangi wisatawan internasional.

    Menurut keterangan Kementerian Pariwisata Maladewa, hotel dan resor di pulau-pulau tak berpenghuni akan dibuka mulai 15 Juli. Sementara untuk hotel dan resor yang berada di pulau berpenghuni di Maladewa, baru akan dibuka mulai 1 Agustus.

    Dilansir dari laman CGTN, Sabtu 11 Juli 2020, para turis akan mendapat visa gratis jenis on-arrival selama 30 hari tidak diwajibkan menjalani karantina begitu tiba di Maladewa. Satu-satunya dokumen yang dibutuhkan adalah kartu deklarasi kesehatan.

    Sedikitnya 10 maskapai internasional dikabarkan hendak membuka kembali penerbangan ke Bandara Internasional Velana, pintu masuk ke Maladewa. Maskapai-maskapai tersebut termasuk SriLankan Airlines, Singapore Airlines, Emirates, dan Qatar Airways.

    Meski membuka kembali pintu bagi wisatawan, Maladewa akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan demi memastikan berlangsungnya masa liburan yang aman dan sehat.

    "Ini meliputi pemeriksaan kesehatan saat ketibaan, dan aturan menjaga jarak fisik di pelabuhan, kapal, dan fasilitas wisata," ujar seorang pejabat senior dari kantor kepresidenan Maladewa kepada Nikkei Asian Review.

    "Para pengunjung akan diminta untuk melaporkan gejala apapun saat mereka berada di Maladewa," sambungnya.

    Pemerintah Maladewa melarang kunjungan warga dari semua negara pada awal Maret lalu. Pada 27 Maret, Maladewa berhenti merilis visa kedatangan (visa-on-arrival) demi menekan penyebaran covid-19.

    Pandemi covid-19 merupakan tantangan besar, termasuk bagi negara-negara berkembang. Namun Maladewa relatif berhasil menangani virus tersebut dan menjaga jumlah kasus di bawah proyeksi otoritas kesehatan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id