Sempat Transit di Singapura, Dua Orang Asal Afsel Positif Omicron di Sydney

    Willy Haryono - 30 November 2021 11:37 WIB
    Sempat Transit di Singapura, Dua Orang Asal Afsel Positif Omicron di Sydney
    Pesawat maskapai Singapore Airlines. (AFP)



    Singapura: Dua orang asal Afrika Selatan yang sempat transit di Singapura dinyatakan positif varian Covid-19 Omicron di Sydney, Australia. Keduanya tiba di Sydney dengan menggunakan pesawat maskapai Singapore Airliens SD211, yang terbang meninggalkan Singapura pada Minggu pukul 10.30 pagi dan tiba di Sydney pada 21.20 di hari yang sama.

    Dalam laporan harian Covid-19 pada Senin malam, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengatakan bahwa kedua orang itu telah bertolak dari Johannesburg, Afsel, pada 27 November dengan Singapore Airlines SQ481. Mereka transit di Bandara Changi di hari yang sama untuk berganti pesawat tujuan Sydney.

     



    Sejak tanggal 27 November pukul 23.59 waktu Singapura, semua pemegang visa jangka panjang dan jangka pendek dengan catatan perjalanan dalam kurun waktu 14 hari dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan dan Zimbabwe dilarang masuk atau transit ke Negeri Singa Putih.

    MOH mengatakan dua orang bersangkutan telah menjalani tes Covid-19 sebelum keberangkatan di Afsel, dan hasilnya negatif. Sebagian besar penumpang pesawat tujuan Sydney yang ikut bersama kedua orang tersebut menghabiskan waktu di area transit Bandara Changi sebelum melanjutkan penerbangan pada 28 November.

    "Mereka semua tidak memasuki Singapura atau mengunjungi area-area lain di Bandara Changi," lapor MOH, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 30 November 2021.

    Tujuan orang dalam penerbangan sama keluar dari Bandara Changi karena memang Singapura adalah tujuan akhir mereka, bukan Sydney. Enam dari tujuh penumpang itu kini menjalani isolasi selama 10 hari di sebuah fasilitas, dan akan menjalani tes PCR.

    "Satu lainnya adalah kontak dekat dari seorang individu terinfeksi, dan saat ini sedang dikarantina. Penelusuran kontak sedang berlangsung untuk staf bandara yang mungkin telah melakukan kontak dengan kasus-kasus ini," tutur MOH.

    Senin kemarin, Kemenkes New South Wales (NSW) mengatakan bahwa dua penumpan tiba di Sydney dari Afrika Selatan dengan penerbangan Singapore Airlines SQ211. Dua penumpang yang terinfeksi Omicron itu telah divaksinasi lengkap, dan saat ini diisolasi di sebuah akomodasi khusus.

    "Semua orang di dalam pesawat dianggap kontak dekat dan harus menjalani tes secepatnya dan diisolasi selama 14 hari, terlepas dari apapun status vaksinasi mereka," sebut Kemenkes NSW.

    Baca:  Setelah Jerman, Australia Juga Konfirmasi 2 Kasus Perdana Varian Omicron

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id