Taliban Miliki Momentum Lakukan Serangan di Afghanistan

    Fajar Nugraha - 22 Juli 2021 08:33 WIB
    Taliban Miliki Momentum Lakukan Serangan di Afghanistan
    Taliban diyakini miliki momentum untuk serangan Pemerintah Afghanistan. Foto: AFP



    Washington: Taliban tampaknya memiliki ‘momentum strategis’ dalam serangan besar-besaran mereka di Afghanistan. Tetapi kemenangan mereka jauh dari pasti, setidaknya ini yang dikatakan Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark Milley, Rabu 21 Juli 2021.

    Hampir 20 tahun setelah AS menggulingkan rezim Taliban setelah serangan 9/11, dan dengan penarikan pasukan asing pimpinan AS semuanya selesai, gerilyawan yang bangkit kembali sekarang menguasai sekitar setengah dari sekitar 400 distrik Afghanistan.

     



    “Tetapi mereka tidak menguasai kota-kota utama berpenduduk padat di negara itu,” kata Milley pada konferensi pers.

    “Dengan gerilyawan menekan sekitar setengah dari ibu kota provinsi negara itu, pasukan Afghanistan mengkonsolidasikan pasukan mereka untuk melindungi pusat-pusat kota besar itu,” tambahnya.

    "Mereka mengambil pendekatan untuk melindungi penduduk, dan sebagian besar penduduk tinggal di ibu kota provinsi dan ibu kota Kabul. Pengambilalihan militer otomatis Taliban bukanlah kesimpulan yang sudah pasti,” sebut Milley.

    Taliban bergerak di seluruh Afghanistan, merebut wilayah, merebut penyeberangan perbatasan dan mengepung kota-kota. Keberhasilan mereka telah menguji moral tentara Afghanistan, yang telah dilanda bertahun-tahun korban yang sangat tinggi dan, baru-baru ini, keputusan pasukan internasional pimpinan AS untuk pergi.

    Meskipun tentara Afghanistan telah dilatih oleh pasukan internasional, dan perkiraan menunjukkan jumlah itu jauh melebihi jumlah Taliban, Milley mengatakan, jumlah bukan jaminan yang diperlukan untuk memenangkan perang.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id