Kasus Varian Delta Melonjak, Bangladesh Umumkan Lockdown Terbaru

    Willy Haryono - 26 Juni 2021 20:04 WIB
    Kasus Varian Delta Melonjak, Bangladesh Umumkan Lockdown Terbaru
    Situasi di tengah pemberlakuan lockdown di wilayah Ukhia, Bangladesh pada 21 Mei 2021. (Miraj Kateb / AFP)



    Dhaka: Pemerintah Bangladesh mengumumkan kebijakan penguncian (lockdown) terbaru, yan akan mulai diberlakukan pada Senin mendatang. Lockdown baru terpaksa diterapkan Bangladesh di tengah lonjakan kasus Covid-19 varian Delta yang "berbahaya dan mengkhawatirkan."

    Di tengah lockdown ini, semua kantor pemerintah dan swasta akan ditutup selama sepekan. Dalam bidang transportasi, hanya alat angkutan terkait medis saja yang diperbolehkan beroperasi di jalanan Bangladesh.

     



    "Semua orang tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan darurat," ujar pernyataan pemerintah Bangladesh, dilansir dari laman Al Arabiya pada Sabtu, 26 Juni 2021.

    Juru bicara departemen kesehatan Bangladesh Robed Amin mengatakan, polisi dan penjaga perbatasan akan dikerahkan untuk menegakkan lockdown. Personel militer juga akan dilibatkan jika memang diperlukan.

    "Ini adalah sebuah situasi yang berbahaya dan mengkhawatirkan. Jika tidak dibendungg sekarang, maka kami berpotensi mengalami situasi seperti di India," tutur Amin kepada kantor berita AFP, merujuk pada krisis Covid-19 di negara tetangganya.

    Rata-rata infeksi Covid-19 di Bangladesh, negara dengan total populasi di angka 170 juta, melonjak tajam sejak pertengahan Mei.

    Jumat kemarin, Bangladesh mencatat hampir 6.000 kasus baru Covid-19 dengan tambahan 108 kematian. Situasi Covid-19 di Bangladesh terjadi di beberapa distrik dekat perbatasan India, termasuk kota Khulna dan Rajshahi.

    Sementara itu di India, jumlah kasus harian Covid-19 menurun tajam dalam beberapa pekan terakhir. Jumat kemarin, angka infeksi hariannya turun di bawah 50 ribu, menurun drastis dari di atas 400 ribu pada pertengahan Mei.

    Baca:  Varian Delta Merajalela, Sydney Perpanjang Lockdown 2 Pekan

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id