Tiongkok Umumkan akan Rombak Sistem Pemilu di Hong Kong

    Marcheilla Ariesta - 05 Maret 2021 22:33 WIB
    Tiongkok Umumkan akan Rombak Sistem Pemilu di Hong Kong
    Tiongkok akan rombak sistem pemilu Hong Kong. Foto: AFP.



    Hong Kong: Pemerintah Tiongkok mengumumkan akan merombak sistem pemilihan di Hong Kong. Pengumuman tersebut disampaikan dalam Kongres Nasional Rakyat (NPC).

    Perombakan akan membuat cengkeram Tiongkok terhadap Hong Kong semakin kuat. Beijing ingin memastikan hanya mereka yang dianggap 'patriot' yang berkuasa di kota itu. 






    "Kami ingin menciptakan proses demokrasi dengan karakteristik Hong Kong," ujar Sekretaris Jenderal Kongres Rakyat Nasional, Wang Chen, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 5 Maret 2021.

    Sejumlah media lokal Hong Kong mengabarkan, proposal tersebut akan mengubah porsi sistem pemerintahan. Komite pemilihan yang berpartisipasi dalam pemilihan pemimpin bertambah menjadi 1.500, dari sebelumnya 1.200. Begitu pula dengan anggota legislatif, yang semula 70 kursi menjadi 90 kursi.

    Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang menyampaikan, proposal tersebut merupakan bagian dari upaya Tiongkok untuk mencegah intervensi asing dalam urusan domestik Hong Kong.

    Juru bicara pemerintah Hong Kong mengatakan, setiap perubahan pada aturan yang mengatur pemilihan umum adalah hak prerogatif Beijing.

    Reformasi ini menjadi pukulan bagi politisi dan aktivis pro-demokrasi Hong Kong. Sebagian dari mereka pergi ke pengasingan, sementara yang lainnya menanti persidangan karena didakwa melanggar undang-undang keamanan nasional Tiongkok.

    Rencana perombakan ini bergulir ketika 47 aktivis pro-demokrasi Hong Kong didakwa pasal "subversi" menggunakan undang-undang keamanan baru yang menurut para kritikus digunakan Beijing untuk menghancurkan perbedaan pendapat di kota itu.

    South China Morning Post melaporkan, pemilu untuk legislatif kemungkinan akan ditunda hingga September 2022.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id