comscore

Kota Kuno Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Irak Utara

Willy Haryono - 31 Mei 2022 12:03 WIB
Kota Kuno Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Irak Utara
Kota kuno berusia 3.400 tahun dari Kekaisaran Mittani ditemukan di Irak. (AA / Tubingen)
Duhok: Tim arkeolog menemukan sebuah kota kuno berusia 3.400 tahun di Sungai Tigris di provinsi Duhok, Irak. Kota tersebut diyakini berasal dari era Kekaisaran Mittani.

"Kami menemukan kota tua berusia 3.400 tahun di distrik Semel, Duhok, yang berasal dari periode Mittani," kata Direktur Artefak dan Kebudayaan Historis Irak, Bekes Birifkani, kepada awak media pada Senin kemarin.
Ia mengatakan bahwa area tersebut terakhir kali dihuni warga di tahun 1985. Lima tahun kemudian, Bendungan Mosul dibangun di sana, dan area tersebut sepenuhnya terendam air.

Menyebutkan bahwa ada lebih dari 2 ribu situs bersejarah di Duhok sejauh ini, Birifkani mengatakan proyek ekskavasi tahun ini telah membuahkan hasil-hasil penting.

"Meski ribuan tahun telah berlalu, tembok serta struktur (kota kuno era Mittani) yang hanya setinggi beberapa meter masih tetap utuh," ungkapnya.

Hassan Ahmed, kepala Agensi Perlindungan Warisan Budaya Pemerintah Regional Kurdistan (KRG), mengatakan bahwa intensitas ekskavasi tahun ini ditingkatkan sejak awal 2022 karena semakin menyusutnya ketinggian Sungai Tigris.

"Ekskavasi di sini terwujud berkat bantuan dari universitas Tubingen dan Freiburg asal Jerman. Kami menemukan sisa-sisa bangunan dari kota kuno periode Kekaisaran Mittani. Kota kuno ini kami namakan Zahiko," ucap Ahmed.

Kota-kota kuno di Irak telah bertahan dari berbagai momen penting dalam sejarah, tak terkecuali dari serangan kelompok Islamic State (ISIS).
 
Salah satu kota termasyhur yang pernah menjadi sasaran ISIS adalah Ashur. Ashur merupakan ibu kota pertama Kerajaan Ashur. Kota ini pernah menjadi lokasi pengobatan dan pemakaman raja-raja Ashur. 
 
Kota ini dibangun oleh orang Ashur yang merupakan pengembara yang memisahkan diri dari kerajaan Babilonia. Mereka menetap di utara Mesopotamia yang sekarang disebut Irak modern.

Baca:  Yuk, Lebih Mengenal Situs Kota Ashur di Irak

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id