Yoshihide Suga Menuju Kemenangan Telak Posisi PM Jepang

    Willy Haryono - 09 September 2020 14:26 WIB
    Yoshihide Suga Menuju Kemenangan Telak Posisi PM Jepang
    Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga. (Foto: AFP/JIJI)
    Tokyo: Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menuju kemenangan telak dalam perlombaan memperebutkan posisi Perdana Menteri Jepang. Menurut laporan terbaru surat kabar Asahi, Rabu 9 September 2020, Suga telah menerima dukungan dari 308 anggota Partai Demokratik Liberal (LDP) yang merupakan partai berkuasa saat ini.

    Laporan Asahi dirilis menjelang acara debat pemilihan ketua LDP hari ini. Karena LDP menguasai sebagian besar kursi parlemen, seorang ketua sudah hampir dipastikan menjabat posisi PM.

    Lewat dukungan 308 politisi LDP, Suga sudah sangat melewati angka dukungan minimal yang dibutuhkan untuk menjadi ketua LDP. Pemilihan ketua LDP dijadwalkan berlangsung pada 14 September mendatang.

    Suga akan menghadapi mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida. Ketiganya akan berdebat dan mengutarakan pandangan masing-masing mengenai kepemimpinan di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    Sebelumnya PM Abe dinilai sukses dalam mendorong inisiatif bidang ekonomi bernama "Abenomics." Namun munculnya pandemi covid-19 seolah menghapus berbagai pencapaian insiatif tersebut.

    Sejumlah pihak meyakini Suga akan melanjutkan apapun yang telah dimulai Abe, karena ia merupakan salah satu orang kepercayaannya.

    Pandemi covid-19 telah membuat Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia, jatuh ke dalam resesi terburuk pasca-Perang Dunia II di kuartal kedua tahun ini.

    Namun PM Abe memutuskan mundur bukan karena alasan ekonomi, melainkan kesehatan. Ia mengaku penyakit yang sudah diidapnya sejak lama kembali kambuh dan terus memburuk.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id