Menlu Tiongkok Mungkin Berkunjung ke Jepang Awal Oktober

    Willy Haryono - 27 September 2020 19:05 WIB
    Menlu Tiongkok Mungkin Berkunjung ke Jepang Awal Oktober
    Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)
    Tokyo: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mungkin akan mengunjungi Jepang pada awal Oktober, berdasarkan keterangan dari seorang sumber di pemerintahan Negeri Sakura, Minggu 27 September 2020. Rencana kunjungan disebut-sebut telah disepakati usai pemimpin Tiongkok dan Jepang sepakat meningkatkan kontak di level pejabat tinggi demi mendorong stabilitas regional dan internasional.

    Masih dari keterangan sumber Tokyo, Wang juga dijadwalkan bertemu Menlu Jepang Toshimitsu Motegi dan Perdana Menteri Yoshihide Suga.

    Kunjungan Wang akan berlangsung usai Suga berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping via sambungan telepon pada Jumat 25 September. Kedua pemimpin sepakat meningkatkan hubungan kedua negara yang selama ini renggang akibat berbagai isu.

    "Suga dan Wang kemungkinan akan menyepakati penguatan hubungan ekonomi antar kedua negara," ucap sumber tersebut, dikutip dari laman The Straits Times. Rencana kunjungan ini juga telah dilaporkan oleh kantor berita NHK.

    Suga, yang baru menjadi PM Jepang bulan ini, dipandang perlu menjaga hubungan baik dengan Beijing seiring memburuknya relasi antara Tiongkok dan Amerika Serikat terkait pandemi virus korona (covid-19).

    Selama ini Jepang dan Tiongkok kerap bersitegang atas berbagai isu, termasuk sengketa sejumlah pulau di Laut China Timur.

    Secara terpisah, Suga berencana bertemu Menlu AS Mike Pompeo pada awal Oktober. Pompeo akan berkunjung ke Tokyo untuk bertemu dengan Menlu Jepang, Australia, dan India.

    Selain itu, Suga juga mempertimbangkan menggelar dialog via telepon dengan kepala negara Rusia, Prancis, dan Italia.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id