comscore

Taliban Tangkap 4 Anggota ISIS-K di Jalalabad

Marcheilla Ariesta - 07 Oktober 2021 12:23 WIB
Taliban Tangkap 4 Anggota ISIS-K di Jalalabad
Anggota Taliban berjaga di Jalalabad/AFP
Kabul: Taliban menangkap empat anggota kelompok teror Islamic State (ISIS) di utara ibu kota Kabul. Saksi mata mengatakan, dua anggota Taliban ditembak dan tewas saat penangkapan terjadi.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan operasi itu dilakukan Selasa malam waktu setempat, di provinsi di mana dokumen dan senjata disita dari militan ISIS. Namun, ia tidak memberikan rincian tambahan.
Sebanyak dua anggota Taliban ditembak dan tewas, sementara tiga warga sipil terluka dalam insiden itu. 

"Orang-orang bersenjata tak dikenal menembaki patroli Taliban di pasar sayur Jalalabad," kata dua orang saksi, dilansir dari CTV News, Kamis, 7 Oktober 2021.

Seorang pejabat rumah sakit mengatakan, fasilitas kesehatan setempat menerima dua jenazah dan dua pria terluka. 

Baca juga: Taliban Tangkap Pimpinan ISIS-K Usai Ledakan di Kabul

ISIS tidak mengklaim penembakan di pasar, namun mereka telah melakukan serangan serupa sebelumnya di daerah tersebut. Jalalabad menjadi titik nyala dalam persaingan antara Taliban dan ISIS.

Banyak serangan terjadi di kota itu sejak Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada pertengahan Agustus.

Kepemimpinan Taliban bergulat dengan ancaman yang berkembang dari afiliasi ISIS lokal, yang dikenal sebagai ISIS di Khorasan. Militan ISIS telah meningkatkan serangan untuk menargetkan saingan mereka, termasuk dua pengeboman mematikan di Kabul.

ISIS mengklaim menargetkan kendaraan yang membawa anggota Taliban di provinsi Kunar pada Selasa malam. Patroli penguatan Taliban langsung ke daerah itu untuk membantu tetapi militan ISIS bentrok dengan mereka, diduga membunuh dan melukai "banyak orang."

ISIS muncul kembali di Afghanistan pada 2020 setelah dilemahkan oleh kampanye pengeboman besar-besaran AS di bagian timur negara itu pada 2019. Kelompok itu mengaku bertanggung jawab atas pengeboman hari Minggu di Masjid Eid Gah Kabul yang menewaskan lima warga sipil.

Mereka juga mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman mengerikan 26 Agustus yang menewaskan sedikitnya 169 warga Afghanistan dan 13 personel militer AS di luar bandara Kabul, pada hari-hari terakhir penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id