Pasukan AS Ditarik, Taliban Kuasai Distrik Penting di Afghanistan

    Fajar Nugraha - 22 Juni 2021 18:03 WIB
    Pasukan AS Ditarik, Taliban Kuasai Distrik Penting di Afghanistan
    Milita Taliban terus menguasai wilayah penting di Afghanistan. Foto: AFP



    Kabul: Militan Taliban menguasai sebuah distrik kunci di Provinsi Kunduz, Afghanistan pada Senin 22 Juni 2021. Mereka mengepung ibu kota provinsi itu dan menambah kemenangannya di medan perang baru-baru ini, di saat pembicaraan damai menemui jalan buntu.

    Keuntungan Taliban datang ketika Pentagon menegaskan kembali penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) masih dalam kecepatan untuk diselesaikan pada awal September.

     



    “Pertempuran di sekitar distrik Imam Sahib dimulai Minggu malam dan pada Senin tengah hari, Taliban telah menyerbu markas distrik dan menguasai markas polisi,” kata Juru Bicara Polisi Provinsi Kunduz, Inamuddin Rahmani, seperti dikutip AFP, Selasa 22 Juni 2021.

    “Militan Taliban berada dalam jarak satu kilometer dari Kunduz, ibu kota provinsi tetapi belum masuk ke kota. Meskipun ada laporan tentang gerombolan kecil Taliban di dekat pinggiran dan penduduk mencoba pergi ke Kabul,” imbuhnya.

    Hingga saat ini puluhan distrik telah jatuh ke tangan Taliban sejak 1 Mei, ketika pasukan AS dan NATO memulai keberangkatan terakhir mereka dari Afghanistan. Seperti distrik Imam Sahib di Kunduz utara, signifikansinya sering terletak pada kedekatannya dengan jalan raya dan kota-kota besar.

    Imam Sahib berlokasi strategis di dekat perbatasan utara Afghanistan dengan Tajikistan, rute pasokan utama dari Asia Tengah.

    Rahmani mengatakan, polisi dan tentara Tentara Nasional Afghanistan telah bersama-sama berusaha mempertahankan distrik tersebut. Dia mengatakan masih belum jelas berapa banyak korban yang diderita Pasukan Keamanan dan Pertahanan Nasional Afghanistan dalam pertempuran yang berlarut-larut atau berapa banyak Taliban yang tewas atau terluka.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id