Siklon Nisarga Mendekat, 100 Ribu Warga Mumbai Dievakuasi

    Willy Haryono - 03 Juni 2020 08:25 WIB
    Siklon Nisarga Mendekat, 100 Ribu Warga Mumbai Dievakuasi
    Ilustrasi badai. (Foto: Medcom.id)
    Mumbai: Sedikitnya 100 ribu orang di Mumbai, India, dievakuasi seiring semakin mendekatnya Siklon Nisarga. Dari total tersebut, hampir 150 di antaranya adalah pasien virus korona (covid-19) dari sebuah rumah sakit darurat.

    Kepala Menteri negara bagian Maharashtra, Uddhav Thackeray, mengatakan bahwa masyarakat pesisir telah deivakuasi ke sejumlah tempat aman sebelum Siklon Nisarga dijadwalkan tiba di Mumbai hari ini, Rabu 3 Juni 2020.

    "Masyarakat yang tinggal di wilayah kumuh dan dataran rendah telah diinstruksikan untuk mengungsi," ujar kantor Thackeray di media sosial, dikutip dari laman Guardian. Di distrik Palghar, lebih dari 21 ribu orang telah dievakuasi ke tempat penampungan. 

    Mumbai jarang diterjang siklon, topan, maupun badai. Badai kuat terakhir kali melanda Mumbai di tahun 1948 -- menewaskan 12 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

    Badan Meteorologi India telah memperingatkan potensi hujan deras disertai tiupan angin dengan kecepatan hingga 120 kilometer per jam di Mumbai. Siklon Nisarga juga diprediksi akan memutus aliran listrik dan memicu gelombang tinggi di pesisir.

    Selain Mumbai, Nisarga juga diestimasi menghantam negara bagian Gujarat. Sekitar 79 ribu orang telah dievakuasi dari sejumlah wilayah pesisir Gujarat pada Rabu ini.

    Komisioner Badan Bantuan Gujarat Harshad Patel mengatakan, 18 distrik di seantero negara bagian akan diguyur hujan deras dan angin kencang dengan kecepatan hingga 110 km/jam.

    "Karena adanya wabah virus korona, semua prosedur standar kesehatan telah diterapkan di tempat-tempat penampungan," tutur Arpit Sagar, seorang pejabat di Valsad.

    Nisarga datang usai Siklon Amphan menewaskan lebih dari 100 orang saat menghantam India dan Bangladesh pada Mei lalu. Amphan telah menghancurkan sejumlah desa, merusak areal persawahan, dan memutus aliran listrik untuk jutaan warga di kedua negara.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id