Polisi Tangkap 74 Orang dalam Demo Anti-Lockdown di Melbourne

    Willy Haryono - 13 September 2020 19:03 WIB
    Polisi Tangkap 74 Orang dalam Demo Anti-Lockdown di Melbourne
    Polisi menangkap sejumlah orang dalam demo anti-lockdown di Melbourne, Victoria, Australia. (Foto: AFP/Getty)
    Melbourne: Polisi menangkap 74 orang dalam aksi protes anti-lockdown di Melbourne pada Minggu 13 September 2020. Dalam unjuk rasa di hari kedua di tengah pandemi virus korona (covid-19) ini, sejumlah demonstran melemparkan buah-buahan ke arah polisi yang menggerebek area pasar.

    Sekitar 250 pengunjuk rasa yang berteriak "kebebasan" dan "kekuatan rakyat" dikepung aparat keamanan di area Queen Victoria Market. Sebagian dari mereka kemudian ditangkap karena dianggap sebagai provokator.

    Rekaman video bentrokan dan penangkapan pedemo di Melbourne muncul di media sosial. Dalam rekaman terlihat beberapa petugas berkuda yang menerobos kerumunan massa di dalam pasar.

    "Ada beberapa momen menegangkan saat para pedemo mulai melempari polisi dengan buah-buahan," ujar Erik Anderson, seorang jurnalis lokal. Melbourne adalah ibu kota dari negara bagian Victoria.

    Dilansir dari  laman Guardian, sejumlah demonstran melawan saat hendak ditangkap. Beberapa dari mereka berteriak, "ini bukan negara bagian polisi" dan "kalian (polisi) harus berada di kubu yang benar."

    Sebagian besar demonstran menilai kebijakan penguncian wilayah atau lockdown hanya merusak perekonomian dan tidak berpengaruh banyak terhadap pengendalian covid-19.

    Sementara itu, Kepolisian Victoria telah mengeluarkan 176 surat pelanggaran kepada warga yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Semua pelanggaran tersebut memiliki denda dalam jumlah besar.

    Hari ini, otoritas Victoria melaporkan tambahan 41 kasus baru dan tujuh kematian akibat covid-19. Tambahan data ini menjadikan total kematian akibat covid-19 di Victoria mencapai 723.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id