comscore

Memulai Tur Asia Pertamanya, Biden Tiba di Korsel

Marcheilla Ariesta - 20 Mei 2022 21:22 WIB
Memulai Tur Asia Pertamanya, Biden Tiba di Korsel
Presiden AS Joe Biden di Korea Selatan./AFP
Seoul: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Korea Selatan (Korsel) pada Jumat, 20 Mei 2022. Ia mendarat di pangkalan udara AS di Osan, selatan Seoul.

Biden dijadwalkan bertemu dengan Presiden baru Korsel Yoon Suk-yeol untuk pertama kalinya secara langsung. Keduanya kemudian akan mengunjungi pabrik Samsung Electronics bersama-sama.
Wakil Ketua Samsung Electronics Jay Y Lee dibebaskan dari menghadiri sidang pengadilan penipuan akuntansi yang digelar hari ini. Ia diharapkan menjadi tuan rumah tur presiden AS.

Melawan kehadiran Tiongkok di kawasan itu menjadi tema besar kunjungan Biden ke kawasan Asia Timur tersebut. Namun, Korea Selatan mungkin akan memberikan nada 'hati-hati' di publik, mengingat Beijing adalah mitra dagang utama mereka.

Korea Selatan diharapkan menjadi salah satu anggota perdana Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF) Biden, yang akan diumumkan selama perjalanan untuk menetapkan standar tenaga kerja, lingkungan, dan rantai pasokan.

Baca juga: Jelang Kunjungan Biden ke Korsel, Korut Bersiap Uji Rudal ICBM

Ditanya tentang oposisi Beijing terhadap IPEF, Yoon mengatakan, bergabung dengan kerangka kerja tidak harus bertentangan dengan hubungan ekonomi Korea Selatan dengan Tiongkok.

"Tidak perlu melihatnya sebagai zero-sum," kata Yoon, dilansir dari Channel News Asia.

Sementara itu, Hyundai Motor telah mengerjakan rencana untuk membangun pabrik manufaktur kendaraan listrik baru di Amerika Serikat, dan pengumuman bisa bertepatan dengan kunjungan Biden.

Di sisi lain, Biden dan Yoon juga akan menghadapi masalah berat Korea Utara. Pemimpin Kim Jong-un mengabaikan pembekuan pengujian rudal balistik antarbenua dan tampaknya siap untuk melanjutkan pengujian bom nuklir, mungkin saat Biden berada di wilayah tersebut.

Kerja sama AS dengan Korea Selatan dan Jepang hanya akan menguat dalam menghadapi provokasi lebih lanjut Korea Utara. Penasihat keamanan nasional Biden Jake Sullivan mengatakan negaranya siap untuk kemungkinan uji coba senjata Korut saat Biden di Korsel.

"Kami siap untuk kemungkinan itu," kata Sullivan.

Yoon mengisyaratkan dia akan tetap mengambil sikap yang lebih keras terhadap Pyongyang daripada pendahulunya dan diperkirakan akan meminta bantuan Biden.

Yoon telah memperingatkan serangan pendahuluan jika ada tanda-tanda serangan akan segera terjadi dan berjanji untuk memperkuat kemampuan pencegahan Selatan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id