Kasus Perdana Varian Covid-19 Afsel Muncul di Taiwan

    Willy Haryono - 13 Januari 2021 16:12 WIB
    Kasus Perdana Varian Covid-19 Afsel Muncul di Taiwan
    Pemandangan salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. (AFP)
    Taipei: Otoritas kesehatan Taiwan mengonfirmasi kemunculan kasus perdana varian baru virus korona (covid-19) asal Afrika Selatan. Kasus perdana ini muncul di tubuh seorang warga Eswatini yang sedang dirawat di rumah sakit Taiwan.

    Dikutip dari laman Al Arabiya pada Rabu, 13 Januari 2021, kasus perdana varian Afsel ini telah dikonfirmasi oleh Pusat Komando Epidemi Sentral Taiwan pada Selasa kemarin.

    Menurut keterangan otoritas Taipei, varian Afsel terdeteksi di seorang pria berusia 30-an tahun yang tiba di Taiwan untuk bekerja pada 24 Desember 2020. Ia mulai memperlihatkan gejala saat berada di fasilitas karantina, setelah sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 pada 3 Januari.

    Eswatini, negara kecil di Afrika bagian selatan yang dulunya dikenal sebagai Swaziland, adalah satu-satunya sekutu diplomatik Taiwan di benua Afrika.

    Baca:  Menkes Afsel Umumkan Terdeteksinya Varian Baru Covid-19

    Perdana Menteri Eswatini Ambrose Dlamini meninggal di sebuah rumah sakit Afrika Selatan bulan lalu. Ia menjadi kepala negara pertama yang mengembuskan napas terakhir akibat infeksi covid-19

    Secara terpisah, Pusat Komando Epidemi Sentral Taiwan mengatakan bahwa mulai Kamis mendatang, siapapun yang datang dari Afsel atau Eswatini, atau yang pernah dari kedua negara itu dalam 14 hari terakhir sebelum keberangkatan, harus dikarantina di tempat yang telah ditentukan.

    Aturan tersebut sudah diterapkan Taiwan kepada orang yang datang dari Inggris, atau sempat berada di sana dalam 14 hari sebelum keberangkatan.

    Afsel mencatat lonjakan lebih dari 21 ribu infeksi covid-19 pekan kemarin, sehingga totalnya menjadi lebih dari 1,2 juta -- tertinggi di benua Afrika. Kematian akibat covid-19 di Afsel saat ini telah melampaui 34 ribu.

    Sementara Taiwan tercatat hanya memiliki total 843 kasus covid-19 dengan tujuh kematian. Hampir semua infeksi covid-19 di Taiwan merupakan jenis impor. Saat ini, sekitar 100 orang sedang dirawat atas infeksi covid-19 di beberapa rumah sakit di Taiwan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id