Pfizer Lobi India Agar Vaksin Covid-19 Mereka Mendapatkan Izin

    Marcheilla Ariesta - 03 Mei 2021 16:40 WIB
    Pfizer Lobi India Agar Vaksin Covid-19 Mereka Mendapatkan Izin
    Pfizer-BioNTech berharap vaksin covid-19 dari mereka bisa dapatkan izin penggunaan di India. Foto: AFP



    New Delhi: Produsen vaksin Amerika Serikat (AS), Pfizer berdiskusi dengan pemerintah India untuk mendapatkan persetujuan percepatan vaksin virus korona (covid-19). Hal ini disampaikan CEO Pfizer, Albert Bourla di LinkedIn pada Senin, 3 Mei 2021.

    Ia mengumumkan akan memberikan sumbangan obat-obatan senilai lebih dari USD70 juta (setara Rp1 triliun).






    Baca: Gelombang Pertama Vaksin Sputnik V Tiba di India.

    "Sayangnya, vaksin kami tidak terdaftar di India meski permohonan sudah kami ajukan beberapa bulan lalu," tutur Bourla, dilansir dari AFP.

    "Kami saat ini sedang mendiskusikan dengan pemerintah India mengenai jalur persetujuan yang dipercepat untuk membuat vaksin Pfizer-BioNTech tersedia agar dapat digunakan di negara ini," imbuh dia.

    Sementara itu, pada Sabtu, 1 Mei lalu, gelombang pertama vaksin covid-19 Sputnik V dari Rusia telah tiba. Pasokan Sputnik V ini merupakan upaya India dalam memperluas program vaksinasi di tengah gelombang kedua covid-19.

    "Sputnik V dari Rusia tiba di Hyderabad! Vaksin ini akan menambah amunisi India dalam memerangi pandemi. Opsi ketiga ini akan menambah kapasitas vaksin kami dan mempercepat laju vaksinasi," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Baghci.
     
    Melalui media sosial, Baghci membagikan foto-foto kedatangan Sputnik V di bandara Hyderabad. "Ini merupakan gelombang pertama 150 ribu dosis Sputnik V. Jutaan dosis lainnya akan menyusul," tutur Baghchi.

    Jumat pekan lalu, India sampai menutup pusat vaksinasi mereka di seluruh Mumbai karena kehabisan dosis vaksin. Diharapkan, dengan adanya tambahan vaksin dari Sputnik V, Negeri Bollywood bisa segera melanjutkan program vaksinasinya.

    Per hari ini, India melaporkan 368.147 kasus baru covid-19 dalam 24 jam terakhir. Kementerian Kesehatan India mengatakan total infeksi covid-19 di negara itu kini mencapai 19,93 juta.

    Baca: Total Kasus Covid-19 di India Hampir Mencapai 20 Juta.

    Mereka juga melaporkan angka kematian harian akibat covid-19 sebanyak 3.417 kasus. Dengan demikian, total kematian covid-19 di sana menjadi 218.959 kasus.

    Kementerian Kesehatan India mengatakan ini sudah 12 hari berturut-turut negara itu melaporkan lebih dari 300 ribu kasus covid-19. Namun, menurut pakar medis, kemungkinan angka infeksi sebenarnya di seluruh negeri mencapai lima hingga 10 kali lebih tinggi dari penghitungan resmi.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id