Lima Polisi Tewas dalam Serangan Taliban di Shinwari

    Willy Haryono - 13 September 2020 13:13 WIB
    Lima Polisi Tewas dalam Serangan Taliban di Shinwari
    Sekelompok polisi bersiaga di Jalalabad, Afghanistan. (Foto: AFP)
    Kabul: Sedikitnya lima polisi tewas dalam serangan kelompok militan Taliban di pos pemeriksaan Shinwari di luar kota Kunduz, Afghanistan. Menurut keterangan juru bicara kepala kepolisian Kunduz, Hijratullah Akbari, serangan terjadi pada Sabtu 12 September malam waktu setempat.

    Akbari melaporkan, lima korban tewas terdiri dari tiga personel Kepolisian Nasional Afghanistan dan dua polisi lokal. Empat aparat keamanan lainnya terluka dalam serangan tersebut, yang juga berujung pada hancurnya satu unit tank baja.

    Dikutip dari laman Sputnik, Minggu 13 September 2020, pasukan Afghanistan berhasil merebut kembali pos pemeriksaan Shinawari usai terjadinya serangan.

    Di waktu bersamaan, satu polisi tewas dan tiga lainnya terluka saat sebuah bom mobil meledak di pos pemeriksaan keamanan di distrik Maiwand, provinsi Kandahar. Serangan dilakukan orang tak dikenal yang mengendarai sebuah mobil Mazda.

    Otoritas Maiwand mengatakan mobil tersebut meledak sebelum mencapai target utama. Taliban belum berkomentar mengenai serangan di Shinwari dan juga Maiwand.

    Dua serangan di lokasi terpisah itu terjadi saat delegasi Pemerintah Afghanistan dan Taliban sedang menggelar dialog damai di Doha, Qatar. Kedua kubu berusaha mencapai sebuah kesepakatan untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama berdekade-dekade.

    Di awal negosiasi, delegasi Afghanistan yang dipimpin Abdullah Abdullah menyerukan gencatan senjata kemanusiaan. Sementara delegasi Taliban mendorong diterapkannya sistem Islami di pemerintahan Afghanistan.

    Sementara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mendorong kedua kubu untuk memanfaatkan dialog damai ini dengan sebaik-baiknya. "Masing-masing dari kalian menanggung tanggung jawab besar. Seluruh dunia menginginkan kalian untuk sukses," sebut Pompeo kepada delegasi Afghanistan dan Taliban.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id