70 Ikan Paus Terdampar di Australia Selatan

    Willy Haryono - 21 September 2020 14:02 WIB
    70 Ikan Paus Terdampar di Australia Selatan
    Peristiwa ikan hiu yang terdampar secara massal sering terjadi di Tasmania, Australia. (AFP)
    Sydney: Sekitar 70 ikan paus terdampar di pantai pulau Tasmania, berdasarkan keterangan dari otoritas kelautan Australia, Senin 21 September 2020. Sejumlah pakar kini hendak mendatangi lokasi, untuk memastikan apakah upaya penyelamatan dapat dilakukan.

    Puluhan paus itu terdampar di area Macquarie Harbour, di pesisir barat Tasmania yang jarang dihuni penduduk. Para paus itu diyakini terjebak di pasir dan tidak bisa lagi berenang ke tengah laut.

    Departemen Lingkungan Hidup Tasmania mengatakan, jajaran kepolisian dan sejumlah pakar kelautan sudah dikerahkan ke lokasi untuk melihat langsung situasi di lapangan.

    "Tambahan kru dengan peralatan penyelamat paus akan tiba hari ini," ujar departemen tersebut, dilansir dari laman The Straits Times.

    Diduga kuat jenis paus yang terdampar di Tasmania ini adalah jenis pilot whale. Namun hingga kini, otoritas Australia belum secara resmi mengonfirmasi jenisnya.

    Peristiwa ikan paus yang terdampar secara massal (whale mass stranding) sering terjadi di Tasmania. Namun karena jumlahnya begitu banyak dalam peristiwa kali ini, otoritas Australia khawatir tidak akan bisa menyelamatkan mereka semua.

    Terdamparnya 70 paus ini terjadi saat seekor paus punggung bungkuk yang terjebak di sungai tropis Australia berhasil dikembalikan ke laut. Paus itu terjebak di sebuah sungai selama lebih dari dua pekan.

    Kantor berita ABC melaporkan bahwa paus itu menghabiskan waktu selama 17 hari di sungai yang dipenuhi buaya di Taman Nasional Kakadu. Kini paus itu sudah terlihat lagi di laut lepas.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id